Kompas.com - 04/03/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi kulkas. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi kulkas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas menjadi salah satu alat elektronik di dalam dapur yang sering digunakan. Sehingga, menempatkan kulkas dengan tepat berarti dapat memberikan kenyamanan saat beraktifitas di dalam dapur.

Terkadang, beberapa orang rela menggeser kulkas beberapa kali demi mendapatkan lokasi yang paling tepat.

Namun, dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (4/3/2021), daripada menggeser kulkas berkali-kali, lebih baik membuat perencanaan di mana meletakkan kulkas yang paling tepat. Berikut beberapa tips meletakkan kulkas di dapur yang paling tepat.

Baca juga: Berapa Lama Air Boleh Didinginkan di Dalam Kulkas?

Lokasi

Desain dapur tradisional menggunakan tata letak segitiga kerja, dengan kompor, wastafel, dan kulkas yang terletak di setiap titik segitiga. Ini dapat memberikan akses mudah ke setiap peralatan atau perlengkapan dan meningkatkan alur kerja.

Jika ruang memungkinkan, pilih area yang menempatkan kulkas ke dalam desain segitiga. Ruangan tersebut juga harus rata dan menyediakan lantai yang cukup kuat untuk menopang beban.

Jarak

Jarak bebas untuk pengoperasian pintu dan membuka laci harus dipertimbangkan saat memilih tempat untuk kulkas Anda.

Berikan jarak yang cukup antara dinding dan bagian belakang kulkas untuk sirkulasi udara yang cukup guna memberikan pendinginan pada sistem pendinginan. Spesifikasi dan detail tentang jarak bebas yang direkomendasikan umumnya disertakan dalam manual pemilik lemari es.

Baca juga: Bagaimana Cara Aman Mengangkat Kulkas Saat Akan Memindahkannya?

Listrik

Untuk beroperasi, kulkas memerlukan listrik, oleh karena itu letakkan kulkas dekat dengan stopkontak listrik.

Hindari menggunakan kabel yang terlalu panjang karena akan memberikan tampilan yang tidak baik serta kenyamanan yang kurang saat beraktivitas di dapur.

Jika memungkinkan, stopkontak ini harus berada pada sirkuit terpisah untuk mencegah pemadaman jika peralatan lain tidak berfungsi dan memutus pemutus.

Keamanan

Kulkas bisa menjadi alat yang sangat berat. Ini terutama berlaku untuk lokasi di mana gempa bumi biasa terjadi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X