Kompas.com - 03/03/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi kulkas mini. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi kulkas mini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara teoritis, air yang disimpan dalam wadah bersih dan kemudian didinginkan di dalam lemari es atau kulkas akan bertahan selamanya.

Namun, dilansir dari Hunker, Rabu (3/3/2021), seiring waktu, gelembung udara kecil bocor dari air yang tersimpan dan meninggalkan rasa yang tidak enak. Untuk menghindari masalah ini, buang persediaan air Anda dan ganti setiap enam bulan.

Saat menyimpan air, penting untuk menggunakan wadah yang tepat. Wadah kaca, logam berenamel, dan fiberglass semuanya cocok untuk menyimpan air.

Baca juga: Bagaimana Cara Aman Mengangkat Kulkas Saat Akan Memindahkannya?

Anda juga bisa menggunakan botol plastik, tapi pastikan kualitasnya food-grade.

Bersihkan botol secara menyeluruh sebelum diisi dengan air dan pastikan kondisinya baik. Hindari untuk menggunakan ulang botol air kemasan bekas, karena Anda tidak akan bisa membuatnya cukup bersih dan plastik tipis ini cepat rusak, berpotensi bocor atau memungkinkan bakteri masuk ke dalam air.

Setelah wadah Anda siap, Anda perlu menyiapkan air.

Setelah Anda mengisi botol air, Anda harus mencari tempat yang aman untuk menyimpannya. Menyimpan air di lemari es diperbolehkan dan akan membuat air tetap dingin.

Pendinginan juga membantu mengurangi risiko pertumbuhan bakteri di dalam air.

Baca juga: Pintu Kulkas Dibiarkan Terbuka, Apa yang Akan Terjadi?

Berapa lama air bisa disimpan di kulkas? 

Meskipun benar bahwa air yang disimpan dengan benar tidak akan kedaluwarsa, namun disarankan jangan terlalu lama menyimpannya di dalam kulkas.

Jika Anda menyimpan air di lemari es untuk diminum setiap hari, Anda sebaiknya menggantinya lebih sering agar rasanya tetap enak. Dalam kasus ini, gantilah air yang tersisa sebulan sekali.

Setelah Anda membuka wadah berisi air, coba gunakan dalam dua hingga tiga hari. Ini akan bertahan sedikit lebih lama di lemari es dan Anda dapat memperpanjang umur simpannya di sana selama sekitar tiga hingga lima hari.

Setelah itu, air akan tetap aman untuk diminum tetapi mungkin rasanya tidak enak. Mungkin air masih terlihat bagus namun rasanya sudah mulai berbeda bahkan bisa saja berbau, sebaiknya jangan dikonsumsi.

 



Sumber Hunker
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X