Kompas.com - 03/03/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi kucing tidur. PEXELS/FRANCESCO UNGAROIlustrasi kucing tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Karena kucing adalah makhluk yang cerdas dan berakal, kucing dapat memiliki daftar hal yang mereka sukai dan yang mana yang tidak disukai.

Agar kucing menjadi lebih bahagia dan sehat, kamu sebaiknya tahu apa saja hal yang disukai oleh mereka.

Meskipun apa yang disukai kucing bisa dapat bervariasi dari satu kucing ke kucing lainnya, namun delama hal berikut ini adalah yang paling digemari oleh kucing, dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (3/3/2021). 

Baca juga: Kucing Tersengat Listrik, Apa yang Harus Dilakukan?

1. Tidur siang

Bukan rahasia lagi kalau kucing suka tidur. Faktanya, rata-rata kucing tidur selama 12 hingga 16 jam per hari. Karena kucing adalah makhluk nokturnal, kucing sering tidur sepanjang hari.

Ingatlah, anak kucing dan kucing yang sudah tua akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada, kucing remaja.

Tetapi jika kamu khawatir kucing saat merasa kucing sudah tidur terlalu banyak, atau terlalu sedikit, kamu bisa mengkonsultasikan hal ini pada dokter hewan tentang apa yang normal untuk ras, usia, tingkat aktivitas, dan ukurannya.

2. Suka merawat diri sendiri

Kucing dewasa menghabiskan sekitar setengah dari jam bangunnya untuk perawatan? Ini karena merawat diri adalah hal yang paling penting untuk kucing.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kucing

Ada beberapa alasan kucing mendedikasikan begitu banyak waktu untuk merawat diri sendiri:

- Membuat tubuhnya tetap bersih
Perawatan tidak hanya membantu kucing menghilangkan kotoran dari bulunya, tetapi juga mencegah predator dan mangsa mendeteksinya. Karena dengan menjilat bulu mereka, ini akan menghilangkan bau apa pun yang diserapnya.

- Membuat kulit dan bulu tetap sehat
Perawatan rutin menghilangkan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit dan bulu kucing, menjaga bulunya tetap sehat, berkilau, dan terhidrasi.

- Membuat kucing merasa rileks
Daripada mengunjungi tukang pijat, kucing hanya merawat diri sendiri untuk mengurangi stres dan menenangkan diri.

- Membantu terikat dengan kucing lain
Kucing saling merawat, ini dilakukan untuk mengembangkan dan memperkuat ikatan mereka. Anda akan sering melihat kucing saling merawat di tempat yang sulit dijangkau.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X