Kompas.com - 03/03/2021, 14:39 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah. PIXABAY/ZANDRIA ROSSIlustrasi tanaman hias di dalam rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam rumah dapat membuat nuansa di dalam ruangan sangat berbeda.

Selain dapat menjadi elemen dekorasi yang cantik di dalam rumah, tanaman ini juga dapat memberikan nuansa sejuk serta memurnikan udara di dalam rumah.

Namun, terdapat banyak jenis tanaman dan memiliki kebutuhan sinar matahari yang berbeda. Jika salah penempatan akan membuatnya layu dan berakhir mati.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Dapat Mendinginkan Ruangan

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (3/3/2021), untuk meletakkan tanaman di dalam rumah, Anda harus memerhatikan cahaya yang dibutuhkan setiap jenis tanamannya.

Beberapa tanaman menjadi favorit karena perawatannya rendah dan cocok untuk pemula termasuk tanaman ZZ, ponytail palm, dan bunga lili. Lantas, di mana saja tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan sehingga bisa bertumbuh dengan baik?

Pintu masuk

Jenis tanaman hias yang kokoh seperti snake plant (lidah mertua) atau tanaman karet paling tahan terhadap perubahan suhu, sehingga cocok diletakkan di area pintu masuk depan yang memiliki suhu berubah-ubah.

Ruang keluarga

Untuk di ruang keluarga, pilih tanaman yang memiliki bentuk fisik terlihat dan cantik seperti monstera raksasa atau tanaman yang memiliki dimensi tinggi dan berdaun lebar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor Ini Bisa Redakan Stres

Anda dapat meletakkannya di sudut ruangan sehingga memperlihatkan daunnya yang lebar.

Dapur

Akses yang mudah ke wastafel menjadikan ruangan ini tempat yang ideal bagi pecinta air seperti rattlesnake plant.

Pilihan lainnya adalah Anda dapat meletakkan sejajar sukulen kecil di ambang jendela atau meja untuk menambah kehidupan tanpa menempati area permukaan dapur lain yang memiliki aktivitas penuh.

Kamar Tidur 

Untuk di dalam kamar tidur, Anda bisa meletakkan tanaman yang dapat membantu tidur nyenyak seperti lavender, dan ivy. Letakkan tanaman tersebut di rak di atas tempat tidur atau di meja samping tempat tidur. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X