Kompas.com - 03/03/2021, 11:20 WIB
Ilustrasi makanan kucing. PIXABAY/CREPESSUZETTEIlustrasi makanan kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih makanan kucing adalah salah satu aspek penting dalam memelihara kucing. Makanan kucing yang tepat akan membuat kucing sehat, penuh energi, dan dalam kondisi berat badan yang baik.

Selain itu, makanan yang dipilih juga harus menggugah selera kucing.

Ada banyak jenis dan produk makanan kucing yang dijual di pasaran, dan bisa sangat sulit mengetahui mana makanan kucing yang baik untuk kucing Anda. Namun, Anda jangan khawatir.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Memilih Makanan Kucing

Dilansir dari Pet Helpful, Rabu (3/3/2021), berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat memilih makanan kucing.

1. Usia kucing

Anak kucing: Jika kucing Anda berusia di bawah satu tahun, maka ia harus makan makanan khusus anak kucing, kecuali jika dokter hewan menyarankan untuk mengganti ke makanan kucing dewasa.

Kucing dewasa: Kucing berusia antara satu hingga tujuh tahun harus memakan makanan kucing khusus untuk kucing dewasa.

Kucing lanjut usia: Menurut ASPCA, kucing harus mengonsumsi makanan khusus untuk kucing lanjut usia saat berusia 7 tahun.

Baca juga: Ingat, Jangan Lagi Jadikan Tulang Ikan Sebagai Makanan untuk Kucing

2. Tingkat aktivitas kucing

Penting untuk mempertimbangkan seberapa aktif kucing Anda saat memilih makanan kucing. Pastikan kucing memperoleh kalori yang cukup dan tidak berlebihan.

Jika kucing Anda aktif dan sehat, serta tidak perlu menambah berat badan, maka makanan kucing standar bisa menjadi pilihan.

Untuk kucing rumahan yang tidak terlalu aktif dan tidak perlu menambah berat badan, maka pilihlah makanan kucing dengan formula khusus untuk kucing rumahan. Jenis makanan kucing ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

3. Kondisi kesehatan

Apabila kucing Anda memiliki gangguan kesehatan seperti alergi makanan, pencernaan sensitif, masalah saluran kemih, bola bulu, atau obesitas, maka lebih baik diskusikan dengan dokter hewan terkait pilihan makanan yang sesuai.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X