Kompas.com - 02/03/2021, 21:19 WIB
Ilustrasi tidur menyamping. SHUTTERSTOCKIlustrasi tidur menyamping.

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan di dalam kamar tidur dapat memengaruhi kenyamanan serta lelapnya tidur di malam hari.

Namun, dalam hal desain kamar tidur, banyak orang berfokus pada elemen yang mencerminkan kebutuhan saat mereka terbangun, dan terkadang menyampingkan kenyamanannya.

Dilansir dari Healthline, Selasa (2/3/2021), meskipun kamar tidur digunakan hanya untuk istirahat, namun Anda masih menghabiskan sekitar sepertiga dari setiap hari di dalamnya.

 

Baca juga: Apakah Wallpaper Cocok Digunakan di Kamar Tidur Kecil?

Ruangan yang panas, terang, dan berantakan dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda tetap terjaga untuk sebagian waktu ini, yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh.

Sebagai solusinya, memperbarui kamar tidur dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda harus memerhatikan berbagai hal berikut ini. 

1. Suhu

Kamar dan tempat tidur yang lebih dingin dapat mengurangi keringat di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan agar suhu AC di kamar tidur Anda disetel ke suhu yang cukup sejuk. 

Baca juga: Benda-benda di Kamar Tidur Anak yang Wajib Disingkirkan

2. Cahaya

Cahaya terang, baik itu dari matahari atau peralatan elektronik, dapat mengganggu tidur. Menurunkan perangkat Anda, menggunakan tirai anti tembus pandang, dan menggunakan lampu yang sangat redup di malam hari dapat meningkatkan istirahat Anda.

3. Kondisi kamar rapi

Anda mungkin tidak melihat kamar Anda berantakan saat Anda tidur, tetapi hal itu masih bisa berdampak pada istirahat Anda. Untuk tidur yang lebih nyenyak, cobalah merapikan tempat tidur Anda setiap hari.

4. Tempat tidur

Tempat tidur, termasuk seprai, selimut, bantal, dan kasur Anda, dapat berdampak cukup besar pada tidur.

Jika tempat tidur Anda sudah tua, usang, atau dalam keadaan yang menghalangi Anda untuk mempertahankan suhu tidur yang ideal, Anda mungkin tidak merasa nyaman di tempat tidur.

 

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X