Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Kamar Tidur Kecil? Begini Cara Mengaturnya agar Lebih Luas

Kompas.com - 24/02/2021, 19:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur dengan luasan terbatas tidak selalu menjadi kekurangan, bahkan Anda akan lebih membutuhkan sedikit waktu untuk membersihkan area tersebut.

Tetapi, jika pengaturan benda dalam kamar tidur sempit ini tidak diperhatikan, akan menyebabkan kamar tidur yang sesak dan penuh.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (24/2/2021), dalam hal pengaturan kamar tidur kecil, keterbatasan ruang dapat membuat Anda sulit untuk tetap rapi. Berikut beberapa cara untuk mengatur kamar tidur kecil dan menciptakan ruang yang tenang.

Baca juga: Simak, 4 Tata Letak Kamar Tidur yang Nyaman

Gaya minimalis

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mengatur kamar tidur sempit adalah menerapkan dekorasi minimalis. Konsep minimalis di sini berarti menghindari furnitur dengan dimensi besar dan tebal, dan memprioritaskan furnitur yang ada di dalam kamar.

Mungkin Anda tidak memerlukan tempat tidur yang terlalu besar, lemari besar, atau meja rias. Ganti dengan tempat tidur minimalis, lemari kecil, dan cermin yang ditempel di dinding.

Selain itu, menggunakan furnitur fungsional menjadi salah satu solusinya, misalnya tempat tidur dengan penyimpanan di bagian bawahnya.

Tetap bersih

Di kamar tidur kecil dengan furnitur minimal, mudah untuk membuat kekacauan dengan menumpuk berbagai item di meja samping tempat tidur Anda.

 

Baca juga: Hadirkan Gaya Vintage ke Kamar Tidur dengan Desain Shabby Chic

Untuk menghindari hal ini, gunakan meja samping tempat tidur dengan laci untuk penyimpanan tersembunyi.

Batasi ruang permukaan hanya untuk dua atau tiga item seperti lampu, sekotak tisu, dan wadah kecil untuk menyimpan perhiasan. Anda bahkan dapat memasang lampu samping tempat tidur di dinding di samping tempat tidur untuk mengosongkan ruang nakas.

Gunakan ruang di bawah tempat tidur

Jika tempat tidur memungkinkan adanya penyimpanan di bawahnya, ini adalah tempat yang tepat untuk menyimpan pakaian. Ini akan membantu merapikan lantai dan lemari. Pastikan saja ruang di bawah tempat tidur Anda rapi dan bebas dari debu.

Pertimbangkan untuk menggunakan kotak penyimpanan plastik lebar dan datar dengan tutup agar semuanya tetap bersih dan disortir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com