Kompas.com - 25/02/2021, 18:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat AC di rumahmu menyemburkan udara sejuk tiba-tiba membuat suara yang menimbulkan kebisingan, hal ini pasti akan membuat pemiliknya akan merasa terganggu.

AC yang mengeluarkan suara berisik merupakan salah satu dari sekian permasalahan yang bisa terjadi, sehingga kamu jangan kaget jika hal ini terjadi pada AC milikmu di rumah.

Seiring berjalannya waktu, barang elektronik yang digunakan seperti AC biasanya sering mengalami penurunan kinerja, yang membuatnya kerja mesin jadi tidak sempurna, dan timbul kerusakan.

Baca juga: 6 Tips Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Apabila AC di rumahmu mengeluarkan suara berisik, maka ada beberapa penyebab yang melandasinya.

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (25/2/2021), berikut ini beberapa penyebab yang mengakibatkan AC mengeluarkan suara yang berisik.

1. Ada baut yang longgar

Ketika baut yang terpasang pada unit AC longgar, maka itu akan membuat AC menjadi bergetar saat beroperasi, begitu pula dengan baut-bautnya.

Jika dibiarkan, lama kelamaan terjadi baut yang longgar memicu munculnya suara berisik. Jadi coba periksa apakah ada baut yang longgar pada AC, dan kencangkan baut tersebut, jika tidak tahu caranya maka biarkan profesional yang mengerjakan.

Baca juga: Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin Jika Tak Punya AC

2. Kipas AC outdoor patah

Penyebab AC menimbulkan suara berisik bisa jadi karena kipas blade ODU di unit outdoornya patah, sehingga mengganggu kinerja komponen AC yang lain.

3. Penyangga AC tidak rata

Agar bisa menempel pada tembok, AC membutuhkan dudukan atau bracket yang idealnya terpasang pada bagian tembok yang rata.

Namun, karena suatu hal, bisa saja AC dipasang pada permukaan yang tidak rata, sehingga mengakibatkan suara yang berisik.

4. Belt yang longgar

Longgarnya sabuk atau belt AC juga bisa menjadi penyebab AC mengeluarkan suara yang berisik. Jika memang belt AC sudah longgar, ganti dengan yang baru.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.