Kompas.com - 24/02/2021, 19:04 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.

JAKARTA, KOMPAS.com - AC dirasa sangat dibutuhkan mengingat kondisi cuaca tropis di Indonesia yang cenderung panas.

Namun, AC adalah alat elektronik yang mengonsumsi daya listrik yang besar yang juga memerlukan biaya lebih.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menghemat listrik saat kamu menggunakan AC.

Baca juga: Cara Mendinginkan Ruangan dengan Kipas Angin Jika Tak Punya AC

Berikut adalah enam tips menghemat listrik seperti dilansir dari Asia One, Rabu (24/2/2021).

1. Jangan sering-sering menyalakan dan mematikan AC

Beberapa orang mungkin mematikan AC ketika suhu ruangan mencapai suhu tertentu karena mengira itu adalah langkah hemat daya.

Tapi ini justru langkah yang salah. Terus menghidupkan dan mematikan AC akan menghabiskan lebih banyak daya karena ini akan meningkatkan beban pada kompresor AC saat dinyalakan kembali. Ini tidak hanya membuatnya lebih mudah dipakai tetapi juga menghabiskan lebih banyak listrik.

Oleh karena itu, jika kamu merasa AC sudah terlalu dingin, sebaiknya sesuaikan suhu lebih tinggi. Dan sesuaikan kekuatan kipas ke sedang atau rendah saat suhu ruangan dirasa nyaman.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak karena AC? Ini yang Harus Dilakukan

Kamu dapat menaikkan suhu daripada mematikannya jika akan meninggalkan ruangan sebentar untuk menghemat listrik.

2. Sesuaikan suhu lebih tinggi sebelum tidur dan matikan satu jam sebelum bangun

Apakah kamu merasa kedinginan saat bangun tidur saat menggunakan AC? Ini terjadi karena, saat tertidur, suhu tubuh manusia akan sedikit turun.

Meski suhu ruangan dijaga pada 25-28 derajat Celsius, kita akan tetap merasa nyaman. Jadi, tidak perlu sengaja menurunkan suhu AC sebelum tidur.

Jika kamu dapat menyetel waktu mati, kamu bisa mengatur agar AC mati satu jam sebelum bangun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Asia One
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X