Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2021, 16:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Plafon kini dianggap sebagai elemen penting dalam sebuah ruang sehingga sering disebut sebagai dinding kelima dalam dekorasi.

Mengecat atau menambahkan elemen desain ke langit-langit benar dapat mengubah ruang memiliki nuansa yang berbeda, dan mendekorasi langit-langit adalah cara yang sangat ramah anggaran untuk menyegarkan ruangan.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (25/2/2021), walaupun dengan biaya minim, Anda bisa mendekorasi plafon untuk mengubah nuansa ruang seperti berikut ini. 

Baca juga: 8 Warna Elegan untuk Dinding Dapur

Warna Netral

Pada ruangan kecil, mengecat langit-langit dengan warna cat yang sama dengan dinding atau satu warna lebih terang dapat membuat ruangan terasa lebih luas.

Kemudian, pada langit-langit dengan molding atau cetakan gunakan warna netral seperti krem muda, gading, atau abu-abu.

Hal ini akan membuat plafon lebih menonjol dan memberikan nuansa lebih elegan.

Jika dinding dan perabotan Anda berwarna netral, pertimbangkan untuk menambahkan warna utama pada langit-langit warna klasik seperti plum kaya atau merah sering kali cocok untuk menarik perhatian ke atas dan memberi kesan pada ruangan Anda.

 

Baca juga: Mengecat Plafon, Cara Lain untuk Lebih Hidupkan Ruangan

Sementara itu, untuk plafon yang halus menggunakan stiker, stensil, dapat menjadi solusi.

Selain itu, Anda juga dapat membuat langit-langit tampak seperti langit-langit berlapis yang mahal dengan mengecat garis-garis halus atau garis tepi di sekeliling tepi langit-langit. Pilih dua warna cat dengan nada yang serupa untuk mendapatkan tampilan ini.

Kombinasikan Elemen Dekorasi Lain

Warna-warna sejuk cenderung surut atau menghilang ketika diaplikasikan di plafon sedangkan warna-warna hangat sering kali membuat sesuatu tampak lebih dekat, jadi pertimbangkan hal ini saat memilih warna cat langit-langit Anda.

Jika Anda memilih plafon untuk menjadi elemen warna utama di ruangan Anda, jangan lupa untuk memberikan sentuhan pada elemen dekorasi lainnya dalam rumah, misalnya dengan menambahkan bantal sofa, vas, dan aksesori dekoratif lainnya dengan warna yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com