Kompas.com - 25/02/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIOIlustrasi tanaman lidah mertua di dalam ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak lama, tanaman lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias pilihan banyak pemilik rumah. Sebab, tanaman ini cenderung mudah untuk ditanam dan dirawat.

Dikutip dari The Pioneer Woman, Kamis (25/2/2021), tanaman lidah mertua dikenal dengan daun tegak yang dramatis, yang tidak memiliki batang, memiliki daya tarik arsitektur yang menambahkan percikan hijau cerah ke ruangan mana pun. Tanaman yang juga disebut sanseveria ini berasal dari Nigeria.

Varietas yang berbeda memiliki ketinggian mulai dari yang kecil hingga tinggi. Ini adalah tanaman hias yang ideal di ruang kecil karena bentuk vertikalnya.

Baca juga: 12 Manfaat Tanaman Lidah Mertua, Bersihkan Udara hingga Cegah Kanker

Lidah mertua mampu bertahan dari kekeringan dengan menyimpan air di daunnya, pada dasarnya tumbuh subur jika diabaikan. Kebanyakan tanaman ini relatif murah karena sangat umum.

Untuk Anda yang ingin memelihara tanaman lidah mertua, ini beberapa hal yang perlu diketahui.

Jenis tanaman lidah mertua apa yang bisa saya tanam?

Ada lebih dari 130 jenis tumbuhan ular. Daunnya bisa berbentuk seperti pedang atau silinder datar, dan daunnya mungkin beraneka ragam dan memiliki garis atau garis berwarna keperakan atau kuning.

Kadang-kadang, tanaman yang sangat tua bisa memiliki bunga harum berwarna putih kehijauan, meskipun sebenarnya tanaman dalam ruangan jarang mekar. Pastikan Anda memberikan pot yang lebar pada tanaman lidah mertua agar tidak roboh saat semakin tinggi.

Baca juga: Sansevieria Stuckyi, Jenis Lidah Mertua yang Mengeluarkan Aroma Wangi

Berapa banyak cahaya yang dibutuhkan tanaman lidah mertua?

Tanaman ini menyukai cahaya terang dan tidak langsung, tetapi jangan biarkan mereka terpangganh di jendela yang panas dengan sinar matahari sore.

Namun, mereka adalah salah satu dari sedikit tanaman hias yang akan cocok dalam situasi cahaya redup, seperti kamar tidur atau ruang tamu, dengan sedikit cahaya alami.

Bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua?

Kesalahan terbesar dengan tanaman ini adalah penyiraman berlebihan. Di cuaca panas, air untuk menjaga tanah sedikit lembab.

Di cuaca dingin, biarkan mengering hampir sepenuhnya. Tempelkan jari Anda ke buku jari pertama untuk mengetahui apakah Anda perlu menyiramnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X