Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wadah yang Tidak Boleh Dimasukkan ke dalam Microwave

Kompas.com - 05/02/2021, 11:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave menjadi salah satu alat elektronik yang banyak orang gunakan. Fungsinya untuk menghangatkan makanan bahkan membuat beberapa makanan simpel membuat microwave dibutuhkan di beberapa rumah.

Namun, yang patut diketahui adalah tidak semua wadah untuk menghangatkan makanan bisa dimasukkan ke dalam microwave.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (5/2/2021), untuk menjaga microwave tetap berfungsi dengan baik, hindari memasukkan beberapa benda ini. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Microwave Tanpa Perlu Digosok

1. Styrofoam

Meskipun busa polistiren atau wadah styrofoam berfungsi dengan baik dalam melindungi makanan di lemari es, mereka tidak dibuat untuk microwave.

Suatu bentuk plastik, busa bisa meleleh di microwave, memungkinkan bahan kimia dilepaskan ke makanan Anda. Pindahkan makanan ke wadah tahan microwave sebelum dipanaskan.

2. Kantong kertas

Kecuali jika kantong kertas dikembangkan untuk digunakan dalam microwave, seperti kantong popcorn, kantong kertas tidak aman digunakan untuk pemanasan ululang

Kantong makan siang kertas coklat dan wadah bungkus kertas cetak dapat melepaskan racun ke dalam makanan dan dapat dengan mudah terbakar jika makanan menjadi terlalu panas.

Baca juga: Meletakkan Microwave di Atas Kulkas, Apakah Aman?

3. Wadah plastik ringan

Banyak wadah plastik mengandung Bisphenol-A atau BPA, bahan kimia yang dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan mulai dari kanker hingga diabetes.

Memanaskan plastik melepaskan BPA ke dalam makanan. Luangkan waktu untuk memeriksa apakah wadah penyimpanan plastik diberi label aman untuk microwave sebelum menekan tombol tersebut.

4. Travel mug

Jika kopi Anda perlu dihangatkan, gunakan gelas atau cangkir porselen untuk memanaskannya di microwave sebelum Anda menuangkannya ke dalam travel mug. Kebanyakan mug, gelas, dan botol terbuat dari plastik atau stainless steel.

Anda tahu bahwa logam dilarang untuk microwave dan itu akan mencegah minuman dipanaskan. Mug plastik mungkin tidak aman dan bahkan dapat memisahkan serta merusak sekat yang membuat minuman tetap panas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com