Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2021, 07:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Monstera adalah salah satu tanaman hias yang populer sepanjang tahun 2020 lalu. Namun, popularitas tanaman monstera tampaknya belum akan redup hingga tahun 2021 ini.

Untuk Anda yang masih memelihara monstera, coba perhatikan daunnya. Apakah ada bercak cokelat seperti gosong?

Jika ya, ini adalah permasalahan akibat penyakit atau kesalahan dalam perawatan. Dilansir dari Smart Garden Guide, Jumat (8/1/2021), penyebab paling umum munculnya bercak cokelat pada daun monstera adalah kelebihan penyiraman atau kondisi tanah yang tidak bisa menyerap air dengan baik.

Baca juga: Kenalan dengan Tanaman Monstera, Eksotis dan Instagrammable

Penyebab lainnya adalah kelebihan paparan sinar matahari, hama, kurang disiram, kelebihan pemupukan, atau perubahan suhu secara tiba-tiba.

Berikut ini adalah beberapa penyebab daun monstera berubah warna menjadi cokelat dan cara menanganinya.

1. Kelebihan penyiraman

Penyiraman yang berlebihan akan membuat tanaman hias mati, tidak terkecuali monstera. Monstera adalah epifit dengan akar udara, jadi mereka tidak mentolerir kelebihan penyiraman.

Tanaman ini membutuhkan tanah yang agak lembab, sehingga tanah yang basah akan menyebabkan akarnya membusuk. Ketika akar busuk, tanaman cenderung menunjukkan ketidaknyamanannya dalam bentuk bintik-bintik cokelat pada daun, termasuk tepi daun.

Baca juga: Simak, Tips Merawat Monstera Variegata

Terkadang, drainase tanah yang buruk atau pot tanpa lubang drainase yang tidak memadai juga dapat menyebabkan akar monstera terendam air terlalu lama, menyebabkan kerusakan akar.

Solusinya, selalu ingat bahwa tanaman tidak membutuhkan terlalu banyak air. Sebelum menyiram tanaman monstera, selalu cek apakah bagian atas tanahnya, atau sekitar 2-4 inci bagian atas tanah benar-benar kering.

2. Penyakit

Bercak cokelat pada daun monstera juga bisa menjadi pertanda adanya infeksi jamur atau bakteri. Infeksi jamur biasanya dimulai sebagai bercak cokelat tunggal, yang kemudian meningkat jumlahnya seiring waktu.

Jika dibiarkan, bercak ini mulai membesar sampai mereka secara bertahap bergabung bersama dan mengambil bentuk bercak besar pada daun monstera. Perlahan, seluruh daun berubah menjadi coklat dan akhirnya rontok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com