Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/01/2021, 13:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadikan tanaman sebagai elemen dekorasi kini kian populer. Berbagai tanaman dapat dirawat di dalam maupun di luar rumah.

Meningkatkan kualitas udara serta dapat memberikan aroma yang menyenangkan menjadi faktor tanaman hias diletakkan di dalam rumah.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (7/1/2021), tanaman hias ini bisa meringankan tugas pengharum ruangan karena mengeluarkan aroma cukup wangi.

Baca juga: 8 Tanaman Bunga Beraroma Harum untuk Halaman Rumah, Apa Saja?

Selain di dalam ruangan, tanaman aromatik ini juga bisa ditanaman di luar ruangan. Berikut beberapa pilihan tanaman aromatik yang dapat menjadi pengharum rumah.

1. Gardenia

Ada sejumlah tanaman hias beraroma wangi atau aromatik yang dapat dilih salah satunya adalah gardenia yang menjadi salah satu tanaman populer.

Gardenia memiliki aroma yang intents dan manis dengan warna hijau tua, daun mengkilap, dan bunga putih yang cantik.

Memang, bunga cantik ini agak sulit untuk tumbuh di dalam ruangan karena kelembabannya yang tinggi, kebutuhan cahayanya yang cukup banyak, dan suhu udaranya dibutuhkan sengahat mungkin dengan malam yang sejuk sekitar 13-16 derajat celcius.

Baca juga: 5 Bunga Cantik yang Memikat Kupu-kupu di Halaman Rumah

Selain itu, tanaman in ijuga bisa tumbuh besar yakni bisa mencapau 1,8 hingga 2,4 meter. Merawat tanaman gardenia di dalam rumah mungkin bukan pilihan terbaik.

2. Geranium

Selain Gardenia, tanaman geranium juga memiliki aroma yang dapat membuat ruangan lebih harum. Berbeda dengan gardenia, merawat geranium lebih sederhana di dalam ruangan.

Geranium memiliki berbagai macam aroma dari lemon, peppermint, cokelat, jeruk, lavender, mawar, bahkan nanas.

Aroma geranium tidak berasal dari bunga yang bermekaran, melainkan dari dedaunannya. Geranium membutuhkan tanah yang dikeringan dengan baik dan suhu dingin antara 13-20 derajat celcius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com