Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2020, 11:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kehilangan warna atau memudar, warna pada badan ikan cupang juga bisa menjadi putih, sehingga ini menjadi permasalahan lain yang bisa dialami oleh seekor ikan cupang.

Warna pada badan ikan cupang yang berubah, entah itu pudar atau kehilangan warna, atau menjadi putih tentu membuat tampilan mereka menjadi tidak menarik lagi, sehingga bisa saja jadi diabaikan pemiliknya.

Sebelumnya kita pernah membahas mengenai ikan cupang yang kehilangan warna dan menjadi hitam. Kali ini kamu akan diberitahu mengenai ikan cupang berubah warna menjadi putih.

Baca juga: Ketahui, Berbagai Penyebab Ikan Cupang Kehilangan Warna

Dilansir dari beberapa sumber, Kamis (31/12/2020), ikan cupang yang memutih seringkali lebih menjadi masalah daripada ikan yang berubah menjadi hitam.

Jika kamu melihat ikan cupang menjadi putih, kamu harus memastikan itu bukan salah satu dari yang di bawah ini.

1. Jamur

Jika ikan cupang milikmu memutih, maka kemungkinan besar mereka terkena infeksi jamur. Semua ikan akuarium lebih rentan terhadap infeksi jamur, dan spesies ikan cupang tidak terkecuali.

Faktanya, infeksi jamur adalah penyakit paling umum yang harus kamu tangani di akuariummu. Ikan yang terkena infeksi jamur umum akan memiliki bercak putih berbulu halus, terutama di bagian panggul dan kepala.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Ikan Cupang Melompat Keluar Akuarium?

Beberapa ikan mungkin menjadi lesu, menjadi kurang aktif dari biasanya. Gejala umum infeksi jamur lainnya termasuk nafsu makan ikan cupang yang rendah, dan dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, perubahan warna dapat terjadi.

Kamu harus ingat bahwa kedua gejala ini mungkin menunjukkan adanya banyak penyakit ikan lainnya.

Oleh karena itu, jika tidak bersamaan dengan perubahan warna menjadi putih, sulit untuk mengklaim bahwa ikan cupangmu sedang mengalami infeksi jamur.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com