Kompas.com - 07/12/2020, 17:36 WIB
ilustrasi membeli rumah Shutterstockilustrasi membeli rumah

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah situasi pandemi Covid-19, tercatat masih banyak masyarakat mencari hunian.

Hal ini diungkapkan oleh situs pencarian properti, Rumah.com dalam konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).

Terjadinya kenaikan pencarian properti secara drastis di Bogor, Bekasi, dan Tangerang, lantaran adanya pemerataan pembangunan infrastruktur konektivitas. 

Baca juga: Ada Pandemi, Rumah Harga Rp 300 Juta hingga Rp 750 Juta Jadi Incaran

Dengan demikian, area-area dengan harga properti yang lebih rendah menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses.

Selain itu, terjadinya kenaikan pencarian properti secara drastis di Bogor, Bekasi, dan Tangerang disebabkan adanya pemerataan pembangunan infrastruktur konektivitas sehingga area-area dengan harga properti yang lebih rendah menjadi terhubung dengan wilayah lainnya dan lebih mudah diakses.

"Tahun 2021 nanti akan lebih positif, karena itu jika ingin membeli rumah saat ini adalah yang paling baik, sebab akan berangsur normal dan mengalami kenaikan harga," ungkap Marine Novita, Country Manager Rumah.com.

Berdasarkan data Rumah.com Consumer Sentiment Survey, menunjukan bahwa 34 persen responden semakin menyadari pentingnya memiliki rumah sendiri.

Baca juga: Permintaan Rumah Tipe 36 Meningkat, Ini Sebabnya

"Namun karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat masyarakat menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah, karena itu kami anjurkan untuk mencari properti melalui situs online," ungkap Marine.

Selain itu, Marine mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membeli rumah di tengah pandemi dan PSBB ini, yakni mulai dari mengecek developernya hingga memahami langkahnya hingga selesai.

Saatnya Membeli Rumah

Sebelum konsumen membeli rumah, hendaknya mempertimbangkan secara matang, terkait biaya yang akan dikeluarkan.

"Maka dari itu, konsumen harus menyusun rencana tentang keputusan membeli rumah ini bersama pasangan," ujar Marine.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.