Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2020, 15:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Parents

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendekorasi ruang keluarga, lumrah jika mencari inspirasi dari banyak sumber. Anda pun dapat mempertimbangkan panduan feng shui dalam dekorasi ruang keluarga.

Filosofi kuno yang berasal dari China ini diterjemahkan sebagai "angin" dan "air." Feng shui dapat membantu membuat rumah Anda lebih teratur, lebih sehat, dan selaras dengan nilai-nilai dan arus kreatif.

Dilansir dari Parents, Minggu (29/11/2020), berikut 7 panduan feng shui untuk dekorasi dan penataan ruang keluarga.

Baca juga: Simak, Ini 6 Solusi untuk Ruang Keluarga Sempit

1. Pastikan Anda dapat melihat pintu

"Ruang keluarga sangat menarik, tetapi kita juga ingin dapat melihat pintu, termasuk untuk alasan keamanan," kata Esmeralda Salinas, konsultan feng shui modern bersertifikat.

Salinas menuturkan, sebagian besar orang merasa lebih tenang ketika mereka dapat melihat apa yang akan datang ke mereka atau dalam hal ini adalah apa maupun siapa yang akan datang ke dalam rumah.

2. Letakkan furnitur besar di sebelah barat daya ruangan

Menurut pakar gaya hidup Jaya Jaya Myra, Anda sebaiknya meletakkan furnitur yang berukuran besar dan berat di bagian barat daya ruang keluarga, sehingga area tenggara dan timur laut terbuka untuk lebih banyak aktivitas dan arus mobilitas.

"Ini membantu menjaga energi tetap stabil di ruang keluarga," terang Myra.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Dekor Ulang Ruang Keluarga

3. Siapkan botol kaca berisi air dengan gelas

Ini dapat dimaksudkan untuk Anda, anggota keluarga, dan bahkan tamu.

"Air adalah darah kehidupan dan melambangkan makanan," ungkap Tsao-Lin E Moy, pakar pengobatan alternatif dan China, serta pendiri Integrative Healing Arts.

4. Perhatikan warna dinding

Menurut Moy, warna memiliki dampak yang sangat kuat. Jika ruang keluarga Anda sempit, maka nuansa warna yang lembut dan netral dapat membantu membuat ruangan lebih luas dan terang.

"Dan hindari TV layar datar dengan warna yang sangat terang dan menggelegar (ditempatkan pada dinding). Sebaliknya, pilihlah benda seni yang mencerminkan apa yang Anda hargai atau yang membuat Anda senang," ucap Moy.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com