Kompas.com - 29/11/2020, 13:00 WIB
Ilustrasi ruangan bermain anak di rumah, anak bermain di rumah. PEXELS/COTTONBROIlustrasi ruangan bermain anak di rumah, anak bermain di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghadirkan rumah yang ramah dan aman bagi buah hati tercinta adalah sebuah kewajiban yang perlu dilakukan orangtua.

Rumah yang ramah dan aman bagi anak berfungsi untuk meminimalisir berbagai hal yang bisa mencelakakan mereka seperti terjatuh, terjedot dan berbagai hal lainnya.

Untuk menciptakan rumah ramah anak, ada banyak elemen yang dapat kamu perbaiki dan ditata ulang, untuk menjadikannya tempat yang aman bagi anakmu untuk berkeliaran dengan bebas.

Baca juga: 5 Pilihan Tempat Tidur Tingkat untuk Kamar Anak dan Harganya

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu, (28/11/2020) terdapat beberapa tips untuk menciptakan rumah yang ramah dan aman bagi anak.

1. Hindari furnitur yang tajam

Sebaiknya hindari menempatkan furnitur yang memiliki ujung yang tajam layaknya pisau. Pilih furnitur berbentuk bulat dengan material halus dan tepian lembut.

Selain itu, kamu bisa menempatkan sofa, kursi kulit, meja bundar dan bantal.

Jika sudah terlanjur ada beberapa furnitur dengan ujung yang tajam di rumahmu, maka kamu bisa menempelkan busa atau gabus untuk menjauhkan anak dari celaka.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Furnitur untuk Kamar Anak

2. Gunakan ubin anti licin

Meskipun penting bagi anak-anak untuk belajar berjalan pada tahap awal, kamu dapat memasang ubin lantai anti selip, sehingga mereka tidak jatuh setiap kali mencoba berjalan.

Jika permukaan ubin sudah licin, kamu bisa memasang alas lantai anti licin yang banyak dijual di toko online.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X