Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2020, 17:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Soda kue atau baking soda bukan hanya bahan penting dalam membuat kue. Namun, soda kue juga sangat bermanfaat untuk membersihkan berbagai barang di rumah. 

Soda kue merupakan bahan abrasif yang lembut namun sangat efektif untuk membersihkan noda. Tak hanya itu, soda kue juga merupakan zat alami penghilang bau, sehingga ampuh digunakan untuk berbagai keperluan di rumah. 

Dilansir dari Good Housekeeping, Minggu (15/11/2020), berikut 10 manfaat soda kue untuk berbagai hal di rumah, tak hanya membuat kue. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda di Karpet dengan 8 Bahan Ini

1. Menghilangkan noda pada wadah makanan plastik

Sisa makanan yang menempel pada wadah makanan berbahan plastik kerap sulit dibersihkan. Untuk membersihkannya, gosok wadah makanan dengan spons bersih yang telah ditaburkan soda kue. 

Kamu juga bisa membersihkan noda yang membandel pada wadah makanan dengan cara merendam wadah makanan plastik pada larutan yang terbuat dari seperempat liter air hangat dan 4 sendok makan soda kue. 

2. Menghilangkan bau pada kulkas

Jika kulkas di rumah mengeluarkan bau yang tak sedap, soda kue bisa menghilangkan bau dengan mudah. Soda kue akan menyerap bau makanan yang menyengat, sehingga tidak mengubah rasa makanan yang ada di sekitarnya.

Ilustrasi bau pada kulkas. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi bau pada kulkas.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com