Kompas.com - 14/11/2020, 15:53 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam rumah SHUTTERSTOCK/METEORITKAIlustrasi tanaman hias di dalam rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan tanaman di dalam rumah menjadi tren dekorasi yang banyak dilakukan orang-orang untuk menciptakan suasana asri, nyaman dan sejuk.

Selain bisa mempercantik ruangan, tanaman yang ada di dalam ruangan rumah juga memberi udara lebih segar, karena kemampuannya menyerap polusi.

Jika kamu ingin meletakkan tanaman ke dalam ruangan rumah tapi bingung untuk menatanya, maka jangan khawatir. Principal Architect Atelier, Cosmas Gozali memberikan tipsnya.

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Hias untuk Ruangan

Sebelum menata, seseorang harus memerhatikan tanaman yang ingin di masukkan ke dalam rumah. Cosmas mengatakan ada tiga pilihan tanaman yang harus diperhatikan untuk di masukkan ke dalam rumah.

Pilih bentuk tanaman yang berbeda

Pertama-tama Cosmas menyarankan untuk memilih bentuk-bentuk tanaman yang berbeda-beda daunnya. Seseorang bisa memilih daun tanaman berbentuk bulat, lancip, atau panjang dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kenapa harus beda? karena bentuk-bentuk daun itu ibaratnya material yang berbeda-beda," jelas Cosmas dalam unggahan Instagram @casaindonesia, dalam rangakaian Festival Tanaman Online Urban Jungle Casa Indonesia x Tokopedia, Sabtu (14/11/2020).

Pilih tinggi tanaman yang berbeda

Selain bentuk, seseorang harus memilih tanaman dengan tinggi berbeda-beda, ada yang rendah, sedang, dan tinggi. Hal itu perlu dilakukan agar nantinya seseorang dapat menentukan bagaimana jauh dekatnya suatu ruangan.

Baca juga: Trik Padukan Furnitur dan Tanaman untuk Konsep Urban Jungle

Pilih warna tanaman yang berbeda

Warna tanaman yang berbeda dikatakan Cosmas bisa memberikan kedalaman dalam suatu ruangan. Sebagai contoh, bisa dipilih tanaman yang warnanya kekuning-kuningan, merah. Jika ingin tanaman warna hijau, maka kombinasikan dengan hijau tua maupun muda.

Cara menata tanaman dalam ruangan

Hal pertama dalam menata ruangan dengan tanaman adalah mengatur posisi tanaman. Jangan letakkan tanaman secara berderetan dari belakang ke depan atau mulai dari yang besar sampai kecil.

"Tapi tanaman yang lebih tinggi itu kita bisa taruh antara di belakang maupun di depan. Nah itu juga bisa memberikan suatu sudut pandang yang sangat berbeda," ujar Cosmas.

Setelah itu atur tanaman sesuai dengan warna yang berbeda. Bisa letakkan tanaman berwarna lebih terang ada di depan dan ada di belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.