Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menata Ruangan dengan Tanaman Versi Arsitek

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan tanaman di dalam rumah menjadi tren dekorasi yang banyak dilakukan orang-orang untuk menciptakan suasana asri, nyaman dan sejuk.

Selain bisa mempercantik ruangan, tanaman yang ada di dalam ruangan rumah juga memberi udara lebih segar, karena kemampuannya menyerap polusi.

Jika kamu ingin meletakkan tanaman ke dalam ruangan rumah tapi bingung untuk menatanya, maka jangan khawatir. Principal Architect Atelier, Cosmas Gozali memberikan tipsnya.

Sebelum menata, seseorang harus memerhatikan tanaman yang ingin di masukkan ke dalam rumah. Cosmas mengatakan ada tiga pilihan tanaman yang harus diperhatikan untuk di masukkan ke dalam rumah.

Pilih bentuk tanaman yang berbeda

Pertama-tama Cosmas menyarankan untuk memilih bentuk-bentuk tanaman yang berbeda-beda daunnya. Seseorang bisa memilih daun tanaman berbentuk bulat, lancip, atau panjang dan sebagainya.

"Kenapa harus beda? karena bentuk-bentuk daun itu ibaratnya material yang berbeda-beda," jelas Cosmas dalam unggahan Instagram @casaindonesia, dalam rangakaian Festival Tanaman Online Urban Jungle Casa Indonesia x Tokopedia, Sabtu (14/11/2020).

Pilih tinggi tanaman yang berbeda

Selain bentuk, seseorang harus memilih tanaman dengan tinggi berbeda-beda, ada yang rendah, sedang, dan tinggi. Hal itu perlu dilakukan agar nantinya seseorang dapat menentukan bagaimana jauh dekatnya suatu ruangan.

Pilih warna tanaman yang berbeda

Warna tanaman yang berbeda dikatakan Cosmas bisa memberikan kedalaman dalam suatu ruangan. Sebagai contoh, bisa dipilih tanaman yang warnanya kekuning-kuningan, merah. Jika ingin tanaman warna hijau, maka kombinasikan dengan hijau tua maupun muda.

Cara menata tanaman dalam ruangan

Hal pertama dalam menata ruangan dengan tanaman adalah mengatur posisi tanaman. Jangan letakkan tanaman secara berderetan dari belakang ke depan atau mulai dari yang besar sampai kecil.

"Tapi tanaman yang lebih tinggi itu kita bisa taruh antara di belakang maupun di depan. Nah itu juga bisa memberikan suatu sudut pandang yang sangat berbeda," ujar Cosmas.

Setelah itu atur tanaman sesuai dengan warna yang berbeda. Bisa letakkan tanaman berwarna lebih terang ada di depan dan ada di belakang.


Warna yang gelap, merah, merah tua, dan sebagainya juga diletakkan dalam posisi berbeda. Cara ini bertujuan agar saat dilihat ada suatu kedalaman, ada warna yang berbeda.

Hal-hal di atas dikatakan Cosmas bisa menciptakan ruangan dengan tanaman terlihat menjadi lebih menarik. Kalau kamu mempunyai ruangan atau balkon teras yang tidak terlalu besar, kamu harus meletakkan cermin yang besar di belakang tanaman.

"Tujuannya apa pakai cermin? supaya tanaman kita itu menjadi ada bayangannya berlipat-lipat, jadi kesannya tuh kebun kita terlihat lebih besar banget," tutur Cosmas.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/14/155300176/cara-menata-ruangan-dengan-tanaman-versi-arsitek

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke