Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2020, 16:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Icatcare

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing Anda mengalami penurunan berat badan? Banyak yang berpikir jika penurunan berat badan adalah hal yang wjar dan normal untuk kucing dewasa, namun pada kenyataannya tidak demikian.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (10/11/2020), penurunan berat badan biasanya merupakan pertanda dari masalah kesehatan yang mendasarinya. Untuk itu, penting mengambil tindakan jika kucing Anda mengalami berat badan.

Lantas, bagaimana bisa mengetahui jika kucing mengalami penurunan berat badan? Memang sulit untuk mengetahui kucing benar-benar mengalami penurunan berat badan.

Baca juga: Kapan Kucing Harus Divaksin? Berikut Ini Panduannya

Untuk melihat kondisi tubuh kucing, mulailah dengan melihat tubuh kucing dari atas. Berat badan kucing ideal jika ada lipatan pinggang yang terlihat namun tidak ekstrim atau berlebih.

Selanjutnya, ketika diraba di bagian tulang rusuk akan terasa lapisan lemak tipis. Jika tulang rusuk terasa sangat menonjol dan terlihat, kemungkinan kucing Anda mengalami penurunan berat badan.

Dalam beberapa kasus, kucing mengalami penurunan berat badan saat mereka tidak terlalu banyak makan.

Namun, bisa juga penurunan berat badan disebabkan oleh beberapa penyakit. Banyak masalah kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan pada kucing, beberapa di antaranya lebih serius daripada yang lain.

Baca juga: Kucing Juga Bisa Stres, Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Hipertiroidi

Hipertiroid adalah penyakit umum yang paling sering menyerang kucing usia tua. Kucing yang terkena penyakit ini menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid karena pembesaran kelenjar tiroid.

Pembesaran ini biasanya disebabkan oleh tumor jinak yang tumbuh di tiroid.

Tanda-tanda umum hipertiroidisme termasuk penurunan berat badan, peningkatan rasa haus, serta buang air kecil.

Beberapa kucing juga mengalami muntah, diare, dan hiperaktif. Beberapa kucing akan bertindak gelisah. Kucing dengan hipertiroidisme memiliki bulu yang tampak tidak terawat dan berminyak.

Untuk mengobatinya bisa menggunakan yodium radioaktif atau obat oral.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com