Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Mentimun Berasa Pahit

Namun, keterbatasan pengetahuan yang dimiliki, sering kali membuat kita bingung dan memberikan hasil yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Misalnya, beberapa tanaman buah memerlukan perlakuan tertentu untuk memberikan hasil maksimal, salah satunya tanaman mentimun.

Meski dikenal sebagai tanaman yang mudah berbuah, mentimun bisa memiliki rasa pahit dan sangat tidak enak dikonsumsi jika melewatkan beberapa hal dalam proses menanamnya. 

Penyebab mentimun rasanya pahit 

Sebuah riset yang dilakukan Oregon State University Extension, Amerika Serikat, mengungkapkan secara alamiah, penyebab mentimum rasanya pahit karena senyawa cucrbitacin, yang juga terkandung di dalam beberapa kerabat mentimun, seperti zucchini.

Semakin banyak kandungan cucurbitain pada mentimun, semakin pahit pula rasa mentimun. Sayangnya, pahit atau tidaknya mentimun tidak dapat kita prediksi pada itengah masa pertumbuhan tanaman. 

Selain itu, penyebab mentimun rasanya pahit adalah stres, seperti kurang cahay matahari, penyiraman, dan perawatan.

Namun, rasa pahit yang terkandung dalam mentimun rupanya merupakan salah satu bentuk pertahanan terhadap hewan pemakan tanaman agar tidak mengonsumsinya. 

Semua tanaman mentimun atau yang berkerabat dengannya mengandung cucurbitain B dan C, yaitu senyawa yang dapat membuat bagian daun tanaman mentimun memiliki rasa pahit atau terkadang tidak memiliki rasa.

Selain daun, kandungan cucurbitain dapat ditemukan pada bagian batang tanaman. Namun, dua bagian tersebut jarang dikonsumsi manusia sehingga sering lengah jika tanaman yang ditanam mengandung cucurbitain yang tinggi.

Setelah senyawa cucurbitain mulai menyebar ke bagian buah, barulah kita menyadari hal tersebut.

Pada dasarnya, tidak semua bagian buah mentimun menjadi pahit. Biasanya, rasa pahit dapat dirasakan pada bagian bawah kulit buah. 

Maka itu, perlu melakukan beberapa upaya untuk mencegah mentimun berasa pahit dengan memperhatikan kondisi tanah dan iklim sekitar.

Dilansir dari kanal The Spruce, Selasa (19/3/2024), berikut sejumlah cara mencegah mentimun berasa pahit. 

  • Cuaca kering

Hawa kering pada musim panas berpotensi besar menjadi penyebab mentimun pahit. Jadi, pastikan tanaman mentimun mendapatkan penyiraman yang baik. 

Anda dapat merendam tanaman mentimun dalam ketinggian air tiga sentimeter, setidaknya satu kali dalam seminggu jika musim panas tengah berlangsung.

Pertimbangkan menambahkan irigasi tetes untuk memastikan tanaman mentimun menerima kelembapan cukup dan konsisten. 

Untuk memastikan kelembapannya, Anda dapat mencelupkan jari telunjuk beberapa sentimeyer ke dalam tanah.

Jika tanah terasa lembap, berarti kandungan air cukup dan tidak perlu melakukan penyiraman. Sebaliknya, jika tanah terasa kering, lakukan penyiraman.

Anda juga dapat menambahkan mulsa di sekitar akar saat temperatur udara sedang naik untuk menjaga kelembapan serta mencegah tumbuhnya gulma.

Jika suhu panas tinggi, gunakan kain peneduh agar panas matahari tidak mengenai tanaman mentimun secara langsung. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan tanaman mentimun stres dan berisiko pahit. 

Kandungan yang cukup nutrisi pada tanah akan membantu mengurangi tingkat stres pada tanaman mentimun sehingga rasa buah akan lebih baik.

Untuk hasil lebih maksimal, Anda dapat menambahkan kompos sepanjang musim tanam.
Jika merasa kondisi tanah kurang ideal, gunakan pupuk setiap empat sampai enam minggu sekali.

Pertimbangkan menanam mentimun di bedengan atau gundukan, kedua pilihan ini memungkinkan tanah menjadi hangat pada awal musim, membantu tanaman muda menghindari stres yang disebabkan tanah yang dingin.

Lebih sedikit stres, lebih sedikit risiko mentimun berasa pahit.  

Menanam mentimun lebih sari satu tanaman akan terjadi persaingan dalam menyerap nutrisi yang terkandung dalam tanah.

Karena itu, penting memastikan tidak banyak tanaman lain di sekitar mentimun, termasuk gulma.

Jika Anda menanam lebih dari satu di dekat tanaman mentimun, sebaiknya menjaga jarang tanam sekitar satu meter antara tanaman satu dengan tanaman lainnya. 

  • Pastikan tidak kekurangan cahaya matahari

Mentimun termasuk salah satu tanaman yang dapat menghasilkan buah dalam jumlah banyak. Namun, jumlah tersebut tidak ada artinya jika mentimun berasa pahit serta tidak enak dikonsumsi. 

Jadi, cara mencegah mentimun berasa pahit adalah memastikan tanaman mendapat cahaya matahari yang cukup. Pilih tempat menanam mentimun yang mendapat cahaya matahari cukup.

Jika cuaca sedang mendung, pertimbangkan menanam mentimun dalam politunel.
Di kebun, hindari menanam mentimun di area yang akan dinaungi tanaman yang lebih tinggi, kecuali Anda tinggal di iklim yang sangat hangat.

Sedikit naungan pada sore hari dapat membantu mencegah mentimen menjadi pahit.  

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/19/101500476/cara-mencegah-mentimun-berasa-pahit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke