Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membersihkan Jendela agar Bebas Goresan dan Berkilau

Selain itu, jendela yang bersih juga dapat membiarkan sinar matahari masuk ke rumah tanpa hambatan. Sayangnya, banyak rumah yang tidak memperhatikan kebersihan jendela dan menghindari tugas membersihkan jendela lantaran tidak yakin bagaimana membersihkannya. 

Padahal, tugas membersihkan jendela hanya membutuhkan sedikit perencanaan dan kerja keras.

Membersihkan jendela adalah pekerjaan pembersihan yang membantu keluarga terhindari debu dan virus serta membuat seluruh rumah terlihat lebih bersih.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (16/2/2024), berikut cara membersihkan jendela agar bebas goresan dan berkilau. 

Kurangnya sinar matahari yang menyilaukan juga memungkinkan Anda melihat dan membersihkan jendela dengan lebih baik.

Untuk menguji suhu dengan cepat, sentuh kaca jendela. Jika terasa panas saat disentuh, tunggulah sampai hari yang lebih teduh atau dingin. 

Bersihkan debu dan kotoran 

Selanjutnya, cara membersihkan jendela agar bebas goresan dan berkilau adalah membersihkan debu dan kotoran yang menempel.

Tidak ada pekerjaan membersihkan jendela yang lengkap tanpa menggunakan penyedot debu terlebih dahulu.

Debu dan kotoran dapat menumpuk di dalam kusen jendela. Jika basah, Anda akan mendapatkan noda berlumpur yang harus dibersihkan.

Itu sebabnya langkah penting dalam membersihkan jendela dengan benar adalah memasang penyedot debu terlebih dahulu, menggunakan sambungan selang untuk membersihkan bagian dalam jendela.

Saat melakukannya, gunakan penyedot debu untuk menyedot debu atau serangga yang berkumpul saat jendela tertutup. Kemudian bersihkan sisa kotoran dan sarang laba-laba dengan kain basah untuk mengurangi noda kotor.  

Tutup semua jendela dan gunakan selang taman untuk menyemprot bagian luar. Anda akan menghilangkan lapisan pertama kotoran dan membuat detailnya bekerja lebih mudah.

Selain itu, pada musim ppanas, Anda bisa menggunakan pembersih jendela sebagai alasan untuk sedikit memercikkan air.

Bersihkan bagian dalam jendela 

Cara membersihkan setiap jendela bergantung pada jenis jendela yang dimiliki. Versi yang lebih baru dapat dibuka, memungkinkan Anda membersihkan bagian luar dan dalam dari tempat yang sama.

Sementara itu, jmodel jendela yang sudah lama mungkin tidak bergerak. Artinya, Anda harus menggunakan tangga untuk membersihkan bagian luar jendela. 

Sebagian besar mengizinkan Anda melepas layar dan membersihkannya secara terpisah. Bersihkan panel kaca dalam ruangan dengan pembersih jendela.

Layar dapat dibersihkan dengan air sabun hangat, baik di area luar yang beraspal maupun bak mandi. 

Gunakan sistem untuk membersihkan windows

Mintalah bantuan keluarga untuk membersihkan jendela. Mintalah satu orang bekerja di dalam, menyeka jendela secara horizontal, sementara yang lain menyeka bagian luar secara vertikal.

Dengan begitu, Anda akan tahu di sisi mana kotoran atau coretan itu berada. Pastikan  menemukan tangga yang Anda rasa nyaman.

Jika memiliki jendela yang harus sulit untuk membersihkannya atau sangan tinggi, serahkan pada profesional. 

Gunakan alat penggosok yang lembut 

Terakhir, cara membersihkan jendela adalah menggunakan alat penggosok yang lembut. Ada beberapa hal yang dapat merusak jendela yang baru dibersihkan lebih cepat daripada tumpukan serat yang tertinggal.

Alih-alih menggunakan tisu kertas, gunakan pilihan yang tidak berbulu, seperti penyaring kopi bersih, kertas koran kusut, atau handuk mikrofiber. 

Sebagai alternatif, cobalah alat pembersih yang terbuat dari karet kecil dengan pisau karet yang tajam dan bebas goresan. Trik yang sangat mudah ini akan membuat Anda merasa seperti layanan pembersihan jendela profesional. 

 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/16/090152276/6-cara-membersihkan-jendela-agar-bebas-goresan-dan-berkilau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke