Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Nat Dinding Keramik Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keramik banyak digunakan sebagai pelapis dinding kamar mandi karena mudah dibersihkan. Namun, Anda perlu memberi perhatian ekstra pada dinding keramik kamar mandi.

Sebab, jamur dan lumut berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang selalu basah dan lembap. Jika tidak rutin dibersihkan, nat keramik kamar mandi bisa tampak kotor dan tidak sedap dipandang.

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan nat dinding keramik kamar mandi tidak menggunakan produk pembersih yang keras atau produk berbahan dasar pemutih klorin. Bahan kimia keras mungkin sulit digunakan di lingkungan kamar mandi tertutup yang ventilasi dan sirkulasi udaranya terganggu.

Pemutih berbahan dasar oksigen seperti hidrogen peroksida, natrium perkarbonat, atau natrium perborat dan soda cuci adalah alternatif yang lebih aman untuk dipertimbangkan saat Anda mencari larutan pembersih dalam ruangan yang ampuh.

Bahan-bahan tersebut terutama lebih ramah lingkungan, serta mencegah pertumbuhan jamur dengan cara yang sangat efektif.

Berikut cara membersihkan nat dinding keramik kamar mandi, dikutip dari HGTV, Rabu (20/12/2023).

1. Buat larutan pembersih

Mulailah dengan membuat campuran seperti pasta menggunakan satu bagian hidrogen peroksida dan dua bagian produk bubuk pembersih beroksigen, misalnya soda cuci.

Kombinasi kental dari bahan-bahan kuat ini akan menempel pada garis nat di dinding keramik kamar mandi tanpa menetes dan merawat area yang terkena jamur dan lumut. Bahan ini juga tidak terlalu keras untuk digunakan sebagai pertahanan terhadap spora.

Jadi, meskipun nat tidak terlihat kotor, pertimbangkan untuk menggunakannya sebagai pembersih yang efektif yang akan membantu mencegah berkembangnya jamur.

Jika Anda melihat bahan-bahan dalam banyak produk pembasmi jamur yang kuat, Anda akan melihat bahwa hidrogen peroksida adalah bahan yang umum, jadi tidak mengherankan jika solusi ini bekerja dengan sangat baik.

2. Oleskan larutan ke nat dengan sikat gigi bekas

Dengan pasta di dalam mangkuk, gunakan sikat gigi bekas untuk mengoleskannya pada garis nat di antara dinding keramik kamar mandi.

Berfokuslah pada area di mana jamur terlihat, tetapi usahakan juga untuk melapisi area kamar mandi yang mungkin lebih rawan jamur dan terkena jamur dibandingkan area lainnya.

3. Tunggu lalu gosok

Biarkan pasta mengeras selama beberapa menit, lalu gosok garis nat.

4. Bilas

Selanjutnya, bilas area tersebut secara menyeluruh dan gunakan kain lap untuk menyeka permukaan hingga bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/20/204029176/cara-membersihkan-nat-dinding-keramik-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke