Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membuat Area Shower Kamar Mandi Tampak Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapur, kamar mandi adalah ruangan termahal di rumah untuk direnovasi. Jadi, merenovasi kamar mandi dan memulainya lagi setiap kali tren berubah adalah upaya yang tidak realistis.

Namun, ada banyak cara untuk memperbarui tampilan kamar mandi dan membuatnya tampak seperti Anda telah melakukan perombakan kecil.

Saat ini semakin banyak pemilik rumah memilih menggunakan shower di kamar mandi. Dengan demikian, area shower menjadi bagian yang cukup penting di kamar mandi.

Ada beberapa cara membuat area shower kamar mandi tampak mewah. Memfokuskan upaya dan anggaran pada area shower akan berdampak besar pada tampilan dan nuansa kamar mandi secara keseluruhan.

Meningkatkan tampilan area shower dapat menghasilkan tampilan mewah atas tanpa memerlukan anggaran besar.

Sebagai permulaan, pertimbangkan untuk memasang pintu shower kaca tanpa bingkai, karena pintu tersebut memancarkan daya tarik yang elegan, ramping, dan modern, jelas desainer interior Kati Curtis, dikutip dari Homes & Gardens, Minggu (24/9/2023).

Mengganti shower dengan shower hujan juga dapat menambah sentuhan kemewahan. Gunakan ubin warna-warni atau warna-warni untuk menciptakan tampilan yang lebih personal, saran Curtis.

Jika Anda memiliki ruang di dinding, pertimbangkan untuk mengintegrasikan relung tersembunyi untuk menyediakan penyimpanan sambil mempertahankan tampilan yang ramping.

Terakhir, pilihan keran dan shower, dengan finishing premium seperti nikel atau hitam matte dapat meningkatkan kesan mewah pada shower, ungkap Curtis.

Berikut beberapa cara membuat area shower kamar mandi tampak mewah.

1. Ganti keran dan shower

Memperbarui keran dan shower jelas merupakan hal terkecil yang dapat Anda lakukan dengan dampak terbesar.

Anda mungkin sudah terbiasa dengan keran dan shower yang sudah ada, Anda mungkin bahkan tidak menyadarinya lagi, namun memperbaruinya ke sesuatu yang lebih segar dan mewah akan memberikan efek peningkatan dengan cepat.

Untuk mandi yang menakjubkan, saya yakin Anda harus berinvestasi pada keran dan shower yang dibuat dengan baik dan indah, saran desainer interior Marie Flanigan.

Ganti perlengkapan lama dan kuno dengan alternatif yang lebih modern dan bergaya. Hal ini dapat mencakup penggantian shower, keran, dan gagang dengan pilihan yang ramping dan kontemporer.

Lapisan akhir berbahan nikel atau kuningan yang dipoles dapat menambah sentuhan kemewahan, tutur desainer interior Victoria Holly.

2. Bersihkan area shower

Bila Anda tidak ingin berinvestasi pada sesuatu yang baru, Anda dapat membuat kamar mandi dan area shower terlihat lebih mahal dengan memberikan penyegaran.

Membersihkan area shower dan kamar mandi adalah pekerjaan yang memakan waktu satu jam dan dapat membuat perbedaan besar dan membuat ruangan terlihat lebih mewah.

Jaga kebersihannya. Ini mungkin tampak jelas, namun pancuran mandi yang bersih dan berkilau langsung terlihat anggun dan berkelas, terang desainer interior Kathy Kuo.

Selain itu, berinvestasilah pada kemewahan kecil seperti menggantung eukaliptus di bawah kepala shower dan membeli keset kamar mandi yang mewah, tirai shower, dan sabun, imbuh Kuo.

Adapun Holly berkata, tingkatkan kualitas area shower dengan membersihkan dan memasang nat ubin saat ini. Garis nat yang tajam dan bersih dapat langsung menyegarkan tampilan area shower dan membuatnya tampak terawat.

Desainer interior Tala Fustok juga menyatakan, aroma dapat memengaruhi perasaan mandi Anda. Jadi setelah Anda membersihkannya, nyalakan lilin aromaterapi atau tambahkan diffuser.

Pikirkan indra Anda. Aroma mewah seperti bergamot, tuberose, atau melati akan langsung membuat kamar mandi seperti di hotel bintang lima.

3. Pilih material yang mewah

Jika Anda sedang mendesain ulang area shower dan mencari cara untuk membuatnya terlihat elegan dan mahal, fokus utamanya harus pada bahan. Hasil akhir yang Anda pilih untuk ubin dan perlengkapannya adalah yang membentuk desain area shower kamar mandi dan akan memiliki dampak terbesar.

Saat mendesain area shower, berinvestasi pada bahan berkualitas tinggi adalah kunci untuk mendapatkan tampilan yang mahal.

Pertimbangkan untuk menggunakan ubin batu alam seperti marmer atau travertine untuk dinding dan lantai, dibandingkan dengan bahan yang tidak terlalu berat seperti porselen atau keramik, jelas Holly.

Bahan-bahan ini tidak hanya memancarkan kemewahan tetapi juga terlihat indah seiring bertambahnya usia, sehingga menambah keanggunan abadi pada kamar mandi.

Selain itu, carilah lapisan logam berkualitas lebih tinggi untuk perlengkapan shower seperti kuningan yang dipoles atau nikel yang dipoles. Pilihlah hasil akhir yang tidak terlalu sesuai pesanan seperti krom yang dipoles atau nikel, terang Holly.

4. Kurangi kekacauan

Berbicara tentang kekacauan, keluarkan dari area shower. Jika Anda ingin area shower terlihat lebih mahal hanya dalam beberapa menit, keluarkan seluruh perlengkapan mandi.

Singkirkan dan periksa apa yang benar-benar perlu Anda simpan di sana, ini hanya boleh menjadi barang yang Anda gunakan setiap kali mandi. Segala sesuatu yang lain dapat disimpan di tempat lain di penyimpanan kamar mandi.

Mengurangi kekacauan adalah cara instan untuk menambah keanggunan pada ruangan mana pun, termasuk area shower, ucap Fustok.

Menyingkirkan produk yang tidak diperlukan atau menggabungkan sistem penyimpanan halus yang menyatu dengan dekorasi akan menghasilkan keindahan yang diinginkan.

Adapun untuk botol yang perlu Anda akses setiap hari, pertimbangkan untuk menuangkan produk ke dalam wadah monokromatik tanpa merek sesuai dengan skema desain kamar mandi, untuk menghindari rona produk dan kekacauan merek, imbuh dia.

5. Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan shower mungkin bukan bagian paling menarik dari desain kamar mandi, namun hal ini dapat memberikan perbedaan besar pada tampilannya yang chic dan mahal.

Seperti di ruangan mana pun, Anda perlu menggunakan pencahayaan berlapis namun praktis. Jadi pertimbangkan pencahayaan area shower sebagai bagian dari keseluruhan skema pencahayaan kamar mandi.

Pilihan utama untuk area shower adalah lampu LED tersembunyi. Lampu ini akan menonjolkan ruang dan halus serta ramping.

Gunakan lampu bernuansa hangat agar ruangan terasa lembut dan mengundang. Lampu yang hangat selalu terlihat lebih elegan daripada lampu yang lebih dingin.

Pertimbangkan untuk memasang pencahayaan ambien dan aksen di dalam area shower. Ceruk penerangan dengan lampu LED strip adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini, serta menggabungkan sconce indah di kedua sisi cermin, atau lampu gantung dramatis yang datang dari langit-langit, saran Holly.

6. Area shower tanpa bingkai

Mengambil pendekatan minimalis akan selalu menghasilkan penataan yang mewah dan elegan. Jadi, daripada membuat area shower menjadi repot, ciptakan lebih banyak efek dan pilihlah desainer area shower yang memiliki pintu tanpa bingkai.

Untuk membuat area shower tampak mewah, pilihlah pintu shower tanpa bingkai berkualitas tinggi yang dapat mengubah tampilan area shower secara total.

Kaca tanpa bingkai menciptakan tampilan yang mulus dan terbuka, membuat area shower tampak lebih luas dan modern. Hal ini juga memungkinkan ubin indah Anda bersinar, meningkatkan estetika keseluruhan, tutur Holly.

7. Gunakan tirai shower bergaya

Banyak tren desain kamar mandi saat ini adalah tentang menciptakan ruangan yang terasa lebih lembut dan nyaman, menghadirkan lampu, tirai, dan keset.

Perabotan lembut di kamar mandi menambahkan nuansa kemewahan yang tenang, dan meskipun Anda harus praktis dalam menentukan tempat menambahkan aksesori ini, tampilannya sederhana untuk dibuat ulang.

Saat ini, tirai shower mungkin tidak terdengar seperti tambahan yang paling elegan, namun kini Anda dapat menemukan tirai shower yang didesain agar terlihat seperti tirai dan tidak seperti plastik biasa.

Lewatkan tirai shower standar atau pintu kaca dan sebagai gantinya memilih tirai ganda dari lantai ke langit-langit, tentu saja dengan pelapis tahan air di dalamnya, dan perangkat keras yang serasi dengan finishing kamar mandi, saran desainer interior Bethany Adams.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/24/142700076/7-cara-membuat-area-shower-kamar-mandi-tampak-mewah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke