Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Menata Tanaman di Ambang Jendela, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman dapat memperindah berbagai ruangan di rumah. Salah satu bagian ruangan yang dapat menjadi pilihan untuk menempatkan tanaman hias adalah ambang jendela.

Anda dapat membuat taman kecil di ambang Jendela. Dikutip dari Living Etc, Rabu (10/5/2023), Nick Sandford pendiri Leaf & Clay mengatakan, ambang jendela sering kali memberikan cahaya yang cukup dan akses ke udara segar, menjadikannya lokasi yang ideal untuk berbagai tanaman.

Namun, perlu diingat, tanaman dapat memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, sehingga akan sangat membantu jika Anda mengelompokkan tanaman yang memiliki kebutuhan yang sama. Berikut ini 4 tips untuk menata tanaman di ambang jendela.

1. Pertimbangkan aspek ruangan

Penting untuk memperhitungkan arah datangnya cahaya matahari saat memilih tanaman. Terdapat tanaman yang membutuhkan atau justru tidak menyukai sinar matahari langsung.

Sandford mengatakan, sukulen seperti Echeveria, Jade plant, dan Haworthia sangat cocok untuk ambang jendela yang cerah.

Tanaman ini membutuhkan cahaya yang cukup, dapat menoleransi sinar matahari langsung, dan tidak memerlukan perawatan yang banyak serta tahan terhadap kekeringan.

Ia menambahkan, tanaman herbal seperti kemangi, mint dan peterseli merupakan pilihan yang bagus untuk ambang jendela di dapur.

Tanaman aromatik tersebut tumbuh subur dalam kondisi yang cukup terang, dengan beberapa tanaman lebih menyukai lebih banyak sinar matahari daripada yang lain.

Untuk ambang jendela yang tidak menerima sinar matahari langsung, pakis, seperti Pakis boston dan Pakis maidenheair bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Tanaman ini lebih menyukai cahaya tidak langsung dan tingkat kelembapan yang lebih tinggi, tutur Sandford.

2. Mengelompokkan berdasarkan kebutuhan tanaman

Periksa apa yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur. Akan lebih mudah jika tanaman-tanaman Anda memiliki kebutuhan yang serupa.

“Pertimbangan pertama dalam membuat taman di ambang jendela yang sederhana adalah memilih koleksi tanaman dengan kebutuhan cahaya yang sama,” kata Alex Bates dari Bloomist.

Ia menyarankan untuk menggunakan penyiram dengan corong yang panjang untuk sudut yang sulit dijangkau, dan pastikan Anda menggunakan nampan atau cawan di bawah pot.

3. Menempatkan atau menggantung dengan ketinggian yang berbeda

Memilih tanaman dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda akan menambah daya tarik. Anda juga bisa menggantungkan beberapa varietas yang beraneka ragam.

“Untuk menciptakan tampilan ambang jendela yang menarik secara visual dan penuh gaya, kombinasi penataan yang cermat dan pemilihan tanaman sangatlah penting,” kata Nick.

Ia melanjutkan, menggabungkan tanaman dengan ketinggian dan kebiasaan tumbuh yang berbeda seperti Pothos yang merambat dengan Jade plant yang tumbuh tegak dapat menambah daya tarik visual.

Pothos dan Philodendron juga cocok untuk diletakkan di ambang jendela karena dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya.


Ia juga menyarankan untuk mengatur tanaman dalam kelompok berjumlah ganjil untuk tampilan yang lebih dinamis dan menarik.

Menggunakan penyangga, anak tangga, atau buku yang ditumpuk juga dapat memberikan kedalaman dan dimensi taman kecil di ambang jendela. Anda juga dapat menggunakan pot gantung atau memasang rak di jendela.

4. Memilih kombinasi pot yang tepat

Menurut plant expert Hilton Carter, pot adalah pakaian yang Anda gunakan untuk mendandani tanaman.

"Sama pentingnya dengan memilih tanaman yang dapat tumbuh subur dalam kondisi cahaya yang disediakan ruangan Anda, penting juga untuk memberikan tanaman tersebut pot yang terbuat dari bahan yang tepat," katanya.

Setelah Anda mengetahui bahan apa yang paling sesuai dengan tanaman Anda, pertimbangkan bagaimana tampilan tanaman saat dikelompokkan.

Nick mengatakan, pot dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan estetika keseluruhan taman ambang jendela Anda.

"Memilih pot yang saling melengkapi atau kontras satu sama lain memungkinkan Anda untuk menciptakan tampilan yang kohesif atau eklektik, tergantung pada preferensi Anda," katanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/10/152108076/4-tips-menata-tanaman-di-ambang-jendela-cocok-jadi-dekorasi-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke