Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Kue, Ini 7 Kegunaan Selai Kacang yang Jarang Diketahui

Selai kacang membuat rasa kue dan roti menjadi lebih nikmat. Ditambah, selain kacang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti memperhalus kulit, menjaga kesehatan jantung, mengendalikan kadar gula darah, dan mencegah dan menurunkan kolesterol. 

Selain itu, selai kacang juga memiliki kegunaan rumah tangga seperti membersihkan rumah seperti benda dan permukaan.

Namun, untuk tugas pembersihan ini, sebaiknya menggunakan selai kacang yang halus tanpa madu, coklat, atau perasa lainnya.

Selain itu, jangan coba-coba kreasi rumah tangga ini jika Anda atau anggota keluarga lain memiliki alergi kacang. 

Dirangkum dari CNET, Selasa (14/3/2023), berikut sejumlah kegunaan selai kacang untuk tugas rumah tangga. 

George Washington Carver, ilmuwan pertanian di Departemen Pertanian Amerika Serikat, pernah mematenkan penyubur rambut berbahan dasar kacang tanah serta krim wajah, pomade, dan lotion tangan.

Racikannya mungkin sudah tidak tersedia lagi, tapi Anda masih bisa membeli sampo, kondisioner, masker, dan minyak selai kacang atau mengoleskannya langsung ke rambut. 

Pembersih benda berbahan kulit

Seperti diketahui, selai kacang memiliki minyak alami sehingga menjadikannya pelembap yang baik untuk membersihkan dan menggosok dompet, sofa, serta barang-barang kulit lainnya.

Cukup oleskan sedikit selai kacang pada kain lembut dan seka kulit dengan gerakan melingkar sampai bersinar. Selain itu, selai kacang juga diklaim bagus untuk menghilangkan goresan pada kayu.

Mengendalikan hama

Selanjutnya, kegunaan selai kacang adalah dapat mengendalikan hama. Anda bisa memberi umpan perangkap tikus dengan selai kacang atau hanya meninggalkan sedikit selai kacang di atas piring. 

Selai kacang adalah antikoagulan alami. Jadi, ketika hewan pengerat memakannya, hal itu akan mengganggu fungsi pembekuan darah normalnya dan membunuhnya. 

Jika memiliki masalah semut, campurkan dua sendok teh selai kacang dengan satu sendok teh boraks dan setengah sendok teh baking soda. Semut akan membawa campuran mematikan itu kembali ke koloni, membunuh semut lainnya. 

Namun, pastikan menjauhkan perangkap selai kacang ini dari hewan peliharaan Anda. 

Biarkan mendesis selama satu menit dan aromanya akan berganti dengan aroma kacang yang lembut.

Krim cukur

Minyak alami dalam selai kacang dapat bekerja sebagai penghalang efektif antara kulit Anda dan pisau cukur serta pelembap yang baik. 

Oleskan selai kacang yang sudah halus ke wajah, kaki, atau bagian tubuh laiinya, cukurlah seperti biasa lalu bersihkan. 

Pelumas

Kegunaan selai kacang lainnya adalah membantu mengatasi engsel pintu yang berderit dan ambang jendela yang macet. Caranya, cukup oleskan sedikit selai kacang pada bagian pintu yang macet dan bersihkan.

Selai kacang juga dapat digunakan untuk melumasi katup mesin serta menghilangkan lem, permen karet, atau zat lengket lainnya dari karpet atau kain. 

Pembersih kaca depan

Kehabisan cairan pembersih kaca depan? Menurut Family Handyman, Anda dapat menggunakan selai kacang untuk membersihkan kaca. 

Caranya, oleskan selai kacang pada kaca, lalu diamkan sekitar 10 menit sebelum  menyemprotkan air. Kaca akan kembali bersih dan kinclong. 

Nah, itu dia sejumlah kegunaan selai kacang untuk tugas rumah tangga. Selamat mencoba! 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/14/094031576/selain-kue-ini-7-kegunaan-selai-kacang-yang-jarang-diketahui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke