Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Memasak Bahan Makanan Ini di Air Fryer

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer kini menjadi alat elektronik yang banyak digunakan karena lebih hemat minyak dan diklaim lebih sehat.

Namun, pada penggunaannya harua diperhatikan dengan baik, karena ada beberapa makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer. Ini dapat menyebabkan kerusakan alat.

Dilansir Homes and Gardens, Senin (9/1/2023), berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh dimasak di air fryer. 

1. Air

Ada banyak peretasan yang beredar di internet untuk membersihkan air fryer, tetapi tidak semuanya merupakan ide yang bagus. 

Mengisi laci dengan air dan sabun sebelum menyalakan air fryer misalnya, disebut-sebut sebagai cara termudah untuk membersihkan minyak yang dipanggang.

Namun, itu adalah yang tidak boleh dilakukan karena akan merusak alat. 

2. Keju

Keju yang meleleh adalah camilan yang sangat menggoda, namun ketika dimasukan ke dalam air fryer, ini akan membuat kekacauan yang besar dengan lelehan keju di mana-mana. Untuk itu, hindari memasak keju di dalam air fryer.

3. Popcorn

Tidak hanya air fryer tidak cukup memanaskan biji popcorn untuk membuat semuanya meletus, arus kuat yang diciptakan oleh kipas dapat meledakkan biji jagung di sekitar mesin dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. 

4. Sayuran dengan kadar air rendah seperti brokoli dan sayuran segar 

Meskipun beberapa sayuran, seperti kecambah dan kentang untuk kentang goreng, dimasak dengan sangat baik di air fryer, beberapa sayuran hijau seperti brokoli, atau sayuran hijau yang lebih tipis dapat dengan cepat mengering dan mulai gosong dalam panas yang intens dan cepat dari air fryer.

Metode memasak seperti menggoreng dan memanggang lebih baik dalam hal ini. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/09/104218376/hindari-memasak-bahan-makanan-ini-di-air-fryer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke