Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Pohon Natal di Rumah Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Natal sudah di depan mata, kini waktunya untuk menghias rumah menyamut hari istimewa tersebut. Mendekorasi untuk menyambut hari Natal, bisa dilakukan dalam banyak hal, mulai dari pengecatan ruangan, menggunakan elemen dekorasi kecil seperti bantal sofa, atau hiasan rumah lainnya.

Namun demikian, fokus utama dekorasi Natal tentu saja adalah pohon natal. Akan tetapi, terkadang hal ini akan terbatasi dengan ruangan yang kecil.

Dilansir Apartment Therapy, Jumat (2/12/2022), jika ruangan Anda kecil, Anda tidak memerlukan pohon natal yang besar. Namun, ada beberapa tanaman hias yang bisa dimanfaatkan sebagai pohon Natal, antara lain sebagai berikut.

1. Cemara norfolk

Tanaman hias yang populer selama liburan, cemara norfolk memiliki estetika pohon Natal yang ceria, dan dapat diletakkan di ruangan kecil.

Meskipun tidak memiliki bau pinus yang segar (lilin beraroma dapat memperbaikinya), jarumnya yang lembut tidak akan menusuk Anda atau jatuh dan membuat berantakan.

Setelah musim berakhir, alih-alih membuangnya di pinggir jalan, Anda sebenarnya bisa menanamnya di kebun. 

Namun, yang harus diketahui caang dari tanaman ini tidak sekuat pohon pinus tradisional, jadi gunakan ornamen dan karangan bunga yang ringan untuk mendekorasinya. 

2. Dwarf alberta spruce 

Dengan bentuk segitiga klasik dan dedaunan jarum yang lebat, tidak sulit untuk melihat mengapa banyak yang menggunakan tanaman ini sebagai alternatif pohon Natal.


 Merawatnya juga sederhana. Pohon kecil yang selalu hijau ini, membutuhkan tanah yang dikeringkan dengan baik dan disiram dua hingga tiga kali seminggu, tetapi tidak perlu dipangkas.

Simpan di tempat yang sejuk dan terang di dalam ruangan, lalu tanam kembali di halaman pada musim selanjutnya. 

Dikenal karena warna dan teksturnya, dwarf alberta spruce dapat membuat pengaturan di dalam atau di luar ruangan menjadi meriah. Tambahkan seuntai lampu hias, dan ini akan memberikan kesan terbaik selama Natal. 

3. Beringin

Daun beringin berjatuhan satu sama lain, seperti yang dijelaskan The Little Botanical, membuatnya menarik.

Tentu, itu tidak benar-benar menyerupai pohon Natal, tetapi begitu dihiasi dengan ornamen, itu akan sama meriahnya. Bonus tambahan, tanaman ini dianggap sebagai salah satu tanaman pemurni udara terbaik. 

Dengan sendirinya, Weeping Fig sudah terlihat menjadi pusat dari setiap ruangan. Untuk menyiapkannya untuk liburan, tambahkan beberapa hiasan seperti lampu dan dekorasi lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/02/151400476/3-tanaman-hias-yang-cocok-untuk-pohon-natal-di-rumah-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke