Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Namun, tahukah Anda bahwa tanaman juga dapat membuat rumah lebih aman pada musim hujan ini? 

Saat cuaca dingin tiba, kelembapan, jamur, dan kondensasi mulai muncul di dalam ruangan karena kurangnya ventilasi.

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat menyerap kelembapan langsung dari udara serta membantu melindungi keluarga dari jamur dan spora tidak sehat. 

Triknya adalah mengetahui tanaman mana yang bekerja paling baik di ruangan serta memahami berapa banyak cahaya, tanah, dan air yang dibutuhkan.

Misalnya, tidak semua tanaman dapat tumbuh subur di kamar mandi, yang memiliki kelembapan paling tinggi.  

Para ahli di Gardening Express menjelaskan, munculnya jamur di rumah disebabkan  kelembapan berlebihan seperti kamar mandi.

Menggunakan tanaman untuk membantu mencegah jamur adalah cara praktis dan alami untuk mengontrol kelembapan di rumah. 

Seberapa baik tanaman dalam mengurangi kelembapan adalah semua berkaitan dengan kemampuannya menyerap embun, kabut, dan kelembapan lainnya melalui daunnya. Kelembapan ini kemudian bergerak ke akarnya.

Dilansir dari Mirror, Selasa (8/11/2022), berikut beberapa tanaman yang dapat membantu mengurangi kelembapan di rumah. 

Para ahli mengatakan tanaman Englih ivy tumbuh paling baik dalam cahaya terang, tidak langsung, dan membutuhkan penyiraman secara teratur. 

Namun, jauhkan tanaman English ivydari hewan peliharaan karena daunnya beracun. Untuk alasan ini, English ivy sangat bagus di pot gantung atau diletakkan di atas lemari.  

Lili perdamaian

Peace lily atau bunga lili perdamaian menyukai keteduhan serta tumbuh subur dalam kelembapan tinggi sehingga menjadi pilihan sempurna untuk area yang rentan terhadap jamur.

Tanaman menyerap kelembapan dari udara melalui daunnya dan tidak membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh.

Peace lily tumbuh subur di bawah lampu neon serta bagus untuk mereka yang memiliki masalah alergi atau asma. Peace lily menghasilkan bunga yang indah, tetapi juga beracun bagi hewan peliharaan. 

Tanaman tumbuh paling baik dalam cahaya terang, suhu hangat, serta perawatannya cukup rendah. Lidah mertua membutuhkan penyiraman setiap satu atau dua minggu sehingga menjadikannya pilihan tanaman bagus untuk pemula.

Tanaman ini hadir dalam berbagai bentuk dan warna daun, banyak di antaranya mengingatkan pada kulit ular. Daun tanaman lidah mertua tidak hanya menyerap kelembapan berlebih, tetapi juga menyaring racun rumah tangga biasa. 

Palem

Tanaman palem dapat membantu mengontrol kelembapan dan mencegah jamur karena  menyerap kelembapan melalui daunnya.

Ada beberapa varietas palem yang dapat dipilih, tetapi areca palm dan dwarf date palm adalah terbaik untuk kondensasi. Tanaman lain yang menikmati kelembapan adalah anggrek, pakis Boston, serta tanaman laba-laba.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/08/200700576/4-tanaman-hias-yang-dapat-mengurangi-kelembapan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke