Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tanaman Hias untuk Rumah Minimalis, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain rumah minimalis masih menjadi gaya desain yang banyak orang gunakan. Dari interior bergaya Skandinavia yang hangat hingga ruang kontemporer yang ramping, menjadi pilihan yang menarik di tengah luasan rumah yang semakin kecil. 

Akan tetapi, di ruangan sempit, ada satu hal yang tidak perlu Anda korbankan, yakni tanaman hias.

Dilansir Apartment Therapy, Jumat (14/10/2022), memiliki sedikit tanaman hijau di dalam rumah, dapat membantu rumah Anda terasa mengundang dan dihuni.

Takut membuat ruang Anda terlihat berantakan dan berantakan? Jangan khawatir, karena ada banyak tanaman yang melengkapi gaya minimalis dan tetap memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut beberapa pilihan tanaman hias untuk rumah minimalis. 

1. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata) 

Sansevieria yang biasa dikenal dengan tanaman lidah mertua adalah idaman para minimalis. Variasi pada daun membuat tanaman hampir sepenuhnya putih dalam penampilan.

Ini adalah tambahan yang bagus untuk setiap koleksi rak atau tanaman lantai dengan garis-garisnya yang bersih dan warna-warna yang sederhana.

Merawat tanaman lidah mertua juga membutuhkan sedikit usaha. Lidah mertua dapat bertahan di cahaya rendah dan toleran kekeringan.

Siram sekali setiap bulan atau lebih. Namun, waspadalah terhadap penyiraman yang berlebihan karena akan menyebabkan tanaman membusuk dari bawah ke atas.


Perlu diingat pula bahwa tanaman lidah mertua beracun bagi anjing dan kucing. 

2. Tanaman ZZ 

Sementara semua tanaman Zamioculcas zamiifolia atau ZZ masuk ke dalam kategori "minimalis", varietas "Gagak" membawanya sedikit lebih jauh. Varietas ini tidak hanya memiliki batang tegak dan daun mengkilap, juga memiliki warna hitam pekat.

Varietas ini jarang ditemukan, yang membuatnya semakin istimewa. 

Perawatan tanaman ini mudah, tanaman ZZ hidup di cahaya rendah dan toleran kekeringan, seperti tanaman lidah mertua. Hati-hati jangan sampai terlalu banyak air atau tanaman akan membusuk dari akar ke atas.

Perlu diingat juga, bahwa tanaman ZZ beracun bagi anjing dan kucing.

3. Ficus elastica burgundy atau rubber plant

Ficus elastica atau pohon karet telah lama menjadi favorit banyak penggemar tanaman rumah. Mereka mudah dirawat, dan cepat tumbuh dalam beberapa tahun, pohon karet dapat tumbuh sangat besar. 

Tanaman ini membutuhkan cahaya tidak langsung tetapi akan mentolerir situasi cahaya yang lebih terang. Ini adalah salah satu pohon ficus yang populer, tetapi masih perlu disiram setiap minggu dan memiliki kecenderungan untuk menjatuhkan satu atau dua daun saat stres.


Semua tanaman ficus beracun bagi anjing dan kucing.

4. Ficus

Ficus dikenal sebagai pohon dengan batang tunggal. Garis batang yang bersih memberi jalan ke cabang-cabang yang ditutupi daun lonjong yang mengingatkan pada bentuk polong kacang.

Pohon ini adalah solusi yang bagus untuk mengisi sudut atau ruang dinding yang kosong sambil mempertahankan estetika minimalis, karena besar tetapi tidak mengorbankan daya tarik desain yang bersih. Taruh di pot yang ramping untuk pertumbuhan yang optimal. 

Tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya terang dan tidak langsung dan membutuhkan penyiraman mingguan. Jika Anda memiliki tanaman besar, ingatlah bahwa itu akan membutuhkan jumlah air yang jauh lebih besar daripada tanaman yang lebih kecil. Jauhkan yang satu ini dari perubahan suhu yang radikal.

Ficus akan menjatuhkan daun saat stres. Ini adalah reaksi stres dan tidak menunjukkan bahwa tanaman Anda sedang sekarat.

Bahkan, tanaman ini diketahui menggugurkan semua daunnya lalu menumbuhkannya kembali. Seperti pohon karet, ini beracun bagi anjing dan kucing.

5. Euphorbia ammak

Punya ruang di rumah yang mendapat banyak cahaya? Euphorbia ammak adalah kaktus langka yang berasal dari Afrika dan memberikan getaran yang menyegarkan.

Warna terang kaktus akan membuat kontras yang kuat dengan kayu atau dinding gelap di rumah Anda.

Euphorbia ammak, yang kadang-kadang juga disebut kaktus candelabra Afrika, adalah spesimen yang tumbuh lambat yang membutuhkan cahaya terang dan penyiraman minimal.


Relatif mudah untuk menemukan tanaman yang lebih kecil dan lebih terjangkau. Namun, tanaman ini adalah investasi yang solid selama Anda memiliki cukup cahaya di rumah Anda.

6. Echeveria

Echeveria masih sangat populer, bahkan saat tren sukulen surut dan mengalir. Keserbagunaannya yang membuat mereka begitu hebat.

Echeveria dapat masuk ke dalam estetika desain apa pun selama diberikan persyaratan cahaya yang tepat. Masukkan ke dalam pot profil rendah atau beberapa di terarium kaca untuk memoles tampilan minimalis itu.

Echeveria membutuhkan cahaya terang dan penyiraman minimal. Jangan terlalu banyak menyiram atau tanaman Anda akan membusuk.

Biarkan tanah benar-benar kering di antara penyiraman untuk memastikan Anda bersih.

7. Satin pothos

Jika Anda telah mencari tanaman bertekstur yang juga memberi Anda pilihan, tidak perlu mencari lagi. Satin pothos dapat digantungkan dari pot yang lebih kecil, memberi Anda ketinggian pohon dan tampilan merambat.

Tekstur halus dari satin pothos memberikan tampilan mengkilap yang dihasilkan daun-daun ini di bawah sinar matahari.

Yang dibutuhkan satin pothos adalah cahaya tidak langsung dan air seminggu sekali. Ini adalah tanaman yang tangguh, jadi jika Anda melewatkan siklus penyiraman, jangan khawatir.

Perlu diingat bahwa ini beracun bagi anjing dan kucing.

8. Calathea ornata

Garis-garis merah muda dari Calathea ornata menghadirkan sentuhan yang menyenangkan pada tanaman minimalis ini. Tanaman ini relatif kompak, jadi Anda tidak perlu khawatir memakan semua ruang di rak atau meja. 

Varietas ini bisa sedikit temperamental dalam hal perawatan. Terang, cahaya tidak langsung adalah kuncinya karena daun akan hangus di bawah sinar matahari langsung.

Jangan biarkan tanah mengering. Setelah tanah mengering, daunnya akan mulai menguning di tepinya, yang tidak akan sembuh.

Sirami calathea saat bagian atas tanah mulai mengering. Sering kabut daun untuk ukuran yang baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/14/120900276/8-tanaman-hias-untuk-rumah-minimalis-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke