Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mendekorasi Ruang Tamu Ramah Anak Menurut Ahli

Sebab, ada beberapa fitur serta elemen dekorasi rumah yang dapat membahayakan anak-anak. Untuk itu, perlu mempertimbangkan mendekorasi ruang tamu ramah anak. 

Disyon Ezer Kharisma, Cretive Director MHDSY, mengatakan ada beberapa elemen yang harus diperhatikan saat merancang ruang tamu ramah anak. 

Meski anak-anak tidak bisa dibatasi ruang bermainnya, termasuk di ruang tamu, beberapa hal seperti sudut furnitur yang tajam, kabel listrik, serta benda mudah pecah harus menjadi perhatian. 

"Sebenarnya, untuk ruang tamu ramah anak, harus diperhatikan sudut atau ujung-ujung meja atau furnitur yang tajam, harus diberikan pelindung agar tidak melukai anak," imbuh Disyon. 

Selain itu, colokan atau stopkontak listrik harus diberikan penutup serta benda mudah pecah harus diletakkan di tempat yang tidak mudah terjangkau anak. 

"Meski setiap produsen ada quality control untuk melihat finishing meja tersebut, tak ada salahnya memeriksa lebih lanjut apakah memang aman untuk anak-anak," tambah Disyon. 

Selain itu, usahakan memilih bahan sofa yang mudah dibersihkan dari segala jenis noda, salah satunya kulit. 

Tak hanya itu, Disyon menyarankan memilih cat ramah anak yang mudah dibesihkan dari coretan atau kotoran lainnya.

"Memang kreativitas anak tidak bisa dibatasi. Mereka pasti akan mencoret-coret dinding, jadi pertimbangkan cat yang mudah dibersihkan dan ramah anak," paparnya.

Cat dengan berbagai fitur, dari antibakteri, jamur, serangga, hingga bebas bahan kimia bisa menjadi pilihan yang cocok untuk ruang tamu ramah anak. 

Ia menyarankan meletakkan TV dengan cara digantung pada dinding sehingga tidak mudah diraih anak-anak. 

Letakkan vas serta barang-barang pecah belah di tempat yang lebih aman dan tidak mudah dijangkau anak.

Jika Anda pencinta tanaman, sebelum meletakkannya di ruang tamu, carilah informasi terlebih dahulu tentang tanaman tersebut dan efek yang terjadi jika bersentuhan langsung ke anak. 

Sebab, ada beberapa tanaman hias yang beracun untuk manusia. Misalnya, philodendron yang menimbulkan reaksi kulit dan bengkak di area mulut serta saluran pencernaan jika tidak sengaja tertelan.

Selain itu, ada tanaman pothos yang dapat menimbulkan sensasi terbakar di area mulut, iritasi kulit, bengkak di bibir, lidah, tenggorokan, muntah, serta diare. 

Diyson menjelaskan, jika ingin meletakkan tanaman di ruang tamu, letakkan di tempat aman dan tidak mudah terjangkau anak-anak sehingga tidak menyentuhnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/23/160100976/cara-mendekorasi-ruang-tamu-ramah-anak-menurut-ahli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke