Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Warna yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja dan Mengapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna cat dinding kamar tidur penting untuk memberikan pengaruh baik dalam kualitas tidur.

Sebab, tak hanya memberikan warna, namun cat dinding juga dapat memengaruhi kualitas serta suasana hati seseorang. 

Namun demikian, mengetahui warna yang harus dihindari di kamar tidur sama pentingnya, misalnya, warna apa yang diketahui dapat membuat tidak bisa tidur dan relaksasi atau membuat kamar tidur terasa dingin? Warna apa yang akan menguras energi Anda di pagi hari atau menyerap semua cahaya alami di dalam ruangan?

Dilansir dari Living Etc, Senin (19/9/2022), desainer interior dan pendiri A New Day, Andrew Griffith menjelaskan, seperti halnya ruangan mana pun, saat memilih warna cat kamar tidur, Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat ke arah mana ruangan menghadap. 

Ini akan membantu Anda memahami jumlah dan jenis cahaya yang didapat ruang, dan Anda kemudian dapat memilih warna yang sesuai dengan itu.

Jadi jika Anda memiliki ruangan dengan sedikit cahaya, hindari nada dingin dan pilihlah sesuatu yang hangat dan terang atau condongkan ke kekurangan cahaya dengan warna gelap dan murung. 

Adapun bberikut beberapa warna yang harus dihindari di dalam kamar tidur menurut para ahli. 

1. Merah

Merah sejauh ini adalah warna yang paling umum untuk dihindari di kamar tidur. Merah pada dasarnya menyegarkan, berani, berani dan sementara semua alasan itu, itu bukan getaran yang Anda butuhkan di kamar tidur.

Desainer interior  Marie Flanigan. menjelaskan, warna yang harus dihindari di kamar tidur seringkali adalah warna yang tidak menawarkan rasa tenang. Merah, oranye, dan kuning adalah warna yang cenderung dia tinggalkan dari desain kamar tidur.

2. Kuning

Kuning terkenal karena sifat cerahnya yang indah, dan warna ini mendapatkan daya tarik di dapur, namun warna ini sering muncul sebagai salah satu yang harus dihindari di kamar tidur.

Akan tetapi, itu semua tergantung pada warna yang Anda pilih, dan disarankan untuk menghindari warna kuning yang berani dan sangat primer karena mereka tidak akan membantu menciptakan lingkungan yang menenangkan dan mendorong tidur.

Pilih warna kuning krem yang lembut dan menenangkan.

3. Abu-abu

Abu-abu adalah salah satu warna kamar tidur paling populer, namun desainer sering merekomendasikan untuk menghindarinya di kamar tidur.

Tash Bradley, pakar warna di Lick Home mengatakan bahwa ketika Anda bangun di kamar tidur abu-abu, hampir seperti bangun di hari kelabu setiap pagi. Itu membuat Anda tidak ingin keluar dari bawah selimut. 

Helen Shaw, Direktur Benjamin Moore setuju bahwa ada tiga warna yang harus Anda menghindari untuk aksen hanya di kamar tidur adalah merah, kuning dan abu-abu.

Mengapa? Merah meningkatkan energi, dan interaksi dan bahkan dapat meningkatkan tekanan darah kita, membuat sulit tidur, sementara kuning sangat bagus untuk sembulan warna tetapi tidak di setiap dinding kamar tidur karena dapat merangsang sistem saraf secara berlebihan.

Kemudian abu-abu, meskipun awalnya menenangkan, pada akhirnya akan menguras energi.

Jika Anda tidak dapat berpisah dengan skema kamar tidur abu -abu Anda , pilih abu-abu yang lebih hangat dan berwarna krem dan menghindari nuansa apa pun yang memiliki nada biru dingin.

Tidak ada gunanya mengecat semua dinding dengan warna biru jika warna itu membuat Anda merasa berenergi dan  simpan itu untuk dapur dan jika biru adalah favorit Anda.

5. Merah muda cerah

Kamar tidur Anda adalah ruangan untuk bersantai dan bersantai dan warna yang akan hindari warna dengan saturasi tinggi. Jadi, sebaiknya hindari warna merah terang, merah muda magenta, kuning cerah terlalu mencolok, menurut Bradley. 

6. Hitam

Dalam nada yang sama untuk menghindari abu-abu suram di kamar tidur, hitam dapat memberi ruang perasaan seperti gua yang tidak membuat mereka melompat dari tempat tidur dengan perasaan yang menyegarkan.

Warna hitam menyerap cahaya dan juga dapat menyerap energi. 

7. Warna yang sedang tren

Ketika memilih warna yang sedang tren, mereka tidak akan bertahan dalam waktu panjang, dan Anda akan kesulitan untuk mengganti warna yang berbeda setiap tren warna bergeser.

Sebaiknya, pilih warna yang netral dan dapat bertahan dengan waktu yang lama. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/19/101754276/7-warna-yang-harus-dihindari-di-kamar-tidur-apa-saja-dan-mengapa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke