Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan saat Membersihkan Kamar Mandi

Namun, pastikan kamar mandi dibersihkan dengan tepat dan benar agar tidak menimbulkan dampak buruk yang tak diinginkan.

Untuk memastikan kamar mandi dibersihkan dengan benar, ketahui hal apa saja yang harus dihindari.

Dilansir dari Southern Living, Senin (22/8/2022), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan kamar mandi.

Keringkan sikat toilet terlebih dahulu dengan menjepitnya di bawah dudukan kloset duduk dan biarkan air menetes-netes ke dalam mangkuk kloset.

Lupa membersihkan debu terlebih dahulu

Kamar mandi mengumpulkan banyak debu. Pastikan menggunakan handuk mikrofiber atau kemoceng untuk membersihkan bagian atas toilet, rak, dan meja dari debu.

Penting bagimu untuk melakukan tugas di atas sebelum mulai menggunakan air atau produk pembersih agar tidak ada debu yang basah dan berpasir.

Dengan begitu, kamu dapat memberikan waktu bagi produk pembersih untuk melakukan tugasnya.

Tidak menyeka permukaan setelah menyemprotkan pembersih

Pastikan untuk menyeka permukaan setelah menyemprotnya dengan produk pembersih dan biarkan selama satu atau dua menit (kecuali kamu menggunakan pembersih semprot yang tidak perlu diseka).

Namun, jangan diamkan produk pembersih menempel di permukaan terlalu lama karena itu dapat membuat penumpukan yang lebih sulit untuk dihilangkan.

Jika kamu menggunakan pemutih untuk membersihkan kamar mandi, jangan dicampur dengan apa pun karena itu tidak sebanding dengan risikonya.

Menggunakan pembersih abrasif pada permukaan keramik dan ubin

Pilih produk pembersih dengan bijak. Beberapa pembersih abrasif bisa terlalu keras untuk finishing kamar mandi yang halus dan dapat merusak permukaan, seperti baja tahan karat, ubin, dan bathtub.

Tidak mencuci tirai shower

Ini adalah salah satu tugas yang dapat ditunda untuk waktu yang lama. Namun, tirai shower dan pelapisnya harus dicuci setidaknya empat kali setahun.

Mencuci tirai kamar mandi perlu dilakukan lebih sering jika kamar mandimu cenderung lembap atau ada tanda-tanda jamur atau lumut.

Ketika sedang terburu-buru, masuk akal untuk hanya membersihkan apa yang dapat kamu lihat.

Namun, kamar mandi dapat menyembunyikan banyak kuman yang tidak terlihat.

Oleh karena itu, kamu harus membersihkan seluruh kloset dan lantai di kamar mandi, serta wastafel, shower maupun bathtub.

Menggunakan produk pembersih yang salah

Pastikan menggunakan produk pembersih yang tepat pada permukaan yang tepat. Misalnya, ubin kamar mandi akan membutuhkan produk pembersihnya sendiri.


Kaca dan cermin maupun wastafel dan meja juga membutuhkan produk pembersih yang berbeda.

Jika tidak, kamu memindahkan bakteri dari satu permukaan ke permukaan berikutnya, membawa kuman dari kloset ke wastafel dan shower.

Tidak menyalakan exhaust fan

Setelah kamu selesai membersihkan kamar mandi, penting untuk menyalakan exhaust fan atau kipas exhaust agar sisa bahan kimia keluar dari dalam ruangan.

Jika kamu tidak memiliki kipas exhaust, buka jendela atau pintu kamar mandi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/22/183600976/12-kesalahan-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-membersihkan-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke