Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan Hal Ini agar Bisa Tidur Lebih Nyenyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempelajari cara tidur yang lebih baik akan meningkatkan suasana hati, kesehatan, dan kebugaran Anda.

Istirahat yang tidak cukup dapat membuat tubuh menghasilkan peningkatan kadar hormon stres kortisol, sehingga tidur nyenyak dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk merasionalisasi kekhawatiran dan meningkatkan kesehatan mental. 

Ini juga dapat membantu mengatur berat badan, dengan kurang tidur menghambat kemampuan tubuh Anda untuk memproses insulin, yang berarti lebih sulit untuk memproses glukosa dari aliran darah Anda, menyebabkan tubuh Anda menyimpannya sebagai lemak.

Tidur adalah bantuan yang brilian untuk sistem kekebalan Anda, membantu melawan infeksi. Terlebih lagi, orang yang kurang tidur berisiko lebih tinggi mengalami masalah kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

Dilansir Homes and Gardens, Jumat (19/8/2022) pakar tidur, Kate Mikhail mengatakan, banyak orang yang tergoda untuk mengurangi jam tidur mereka untuk menambah waktu ekstra untuk hari mereka.

"Padahal hal ini dapat memperburuk keadaan tubuh mereka," jelas Mikhail.

Agar bisa tidur nyenyak, Anda dapat mengaplikasikan beberapa tips berikut ini. 

1. Berinvestasi pada kasur yang tepat

Jangan meremehkan pentingnya membeli kasur terbaik untuk tidur yang optimal.

"Pertimbangkan sudah berapa lama sejak Anda terakhir kali berinvestasi di tempat tidur Anda,'" kata Alison Jones, pakar tidur di Sealy. 

Tidak peduli posisi tidur Anda, memiliki kasur yang nyaman dan mendukung yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda, bukanlah sesuatu yang harus dikompromikan.

Misalnya, jika sakit punggung membuat Anda tetap terjaga, kasur dengan pegas penyangga inti akan memastikan titik-titik tekanan utama tubuh didukung dengan benar, membantu meringankan ketidaknyamanan.

Tobin James, Ahli Ergonomi Tidur di Tempur, menuturkan, saat memilih kasur, penting untuk mempertimbangkan ergonomi tidur, dukungan yang disediakan kasur dan bantal, serta posisi tubuh saat Anda tidur.

2. Ciptakan suasana kamar tidur yang tenang

Untuk menciptakan kamar tidur yang tenang, hindari penggunaan warna dan cetakan yang mencolok dan mengganggu saat mendesain dan melengkapi kamar tidur Anda.

Sebaliknya, pilihlah palet warna yang lebih kalem dan alami yang diisi dengan putih lembut, abu-abu dove, krem, dan kelabu tua, karena ini akan membantu membentuk dasar yang kuat untuk kamar tidur yang mengundang dan tidur yang memuaskan.

3. Tambahkan aroma yang membuat mengantuk

Saat menciptakan tempat perlindungan tidur terbaik, penting untuk menarik penglihatan, sentuhan, dan penciuman Anda.

"Menggunakan lilin terbaik di kamar tidur Anda tidak hanya menarik secara visual tetapi juga akan membawa aroma indah ke udara yang dapat membantu Anda tertidur," terang Jones.

Aroma lavender, bergamot, dan geranium semuanya telah terbukti membantu Anda rileks.

4. Jauhkan teknologi di dalam kamar tidur

"Menjauhkan teknologi sebelum tidur adalah tips besar untuk bagaimana tidur lebih nyenyak di tahun 2022," terang pakar tidur Silentnight, Hannah Shore.


Ini berarti tidak ada komputer, televisi, atau ponsel. Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel Anda menahan produksi melatonin, hormon yang mengontrol siklus tidur-bangun Anda, membuatnya lebih sulit untuk tidur.

5. Sesuaikan suhu kamar tidur

"Menyetel suhu yang tepat untuk membantu Anda tidur sangat penting," saran Jasmin Lee, peneliti tidur di Everynight.

Hampir sepertiga orang (32 persen) percaya bahwa mereka tidur lebih nyenyak di kamar tidur yang sejuk antara 16-18 derajat celcius. Alasannya adalah karena tidur di ruangan yang sejuk dapat membantu tubuh Anda kehilangan panas dan oleh karena itu menyebabkan tidur lebih cepat dan lebih mudah.

James menambahkan, bila Anda merasa tidur terganggu karena terbangun kedinginan di malam hari, coba kenakan sepasang kaus kaki yang dapat membantu pengaturan suhu internal tubuh dan juga dapat membantu Anda tertidur lebih cepat.

Jika Anda kesulitan mengatur suhu, coba gunakan lapisan tempat tidur, seperti selimut terbaik, yang dapat dengan mudah disesuaikan sepanjang malam.

6. Gunakan katun dan linen

"Katun adalah bahan terbaik untuk piyama tidur karena lembut, nyaman dan membuat tubuh Anda bernapas," tutur Lee.

Itu juga tidak membebani tubuh Anda, sehingga mudah untuk bergerak di malam hari, oleh karena itu tidak membangunkan Anda secara tidak perlu.

Sementara itu, linen adalah seprai yang indah dan berkelanjutan yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh Anda, sehingga baik untuk Anda dan planet ini.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/19/074700776/lakukan-hal-ini-agar-bisa-tidur-lebih-nyenyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke