Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Kesalahan Ini saat Menyimpan Susu di Kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com – Suhu dapat memengaruhi usia pemakaian susu. Jika disimpan di suhu yang tepat, susu telah dibuka pun masih bisa dikonsumsi selama beberapa hari sebelum basi.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk menyimpan susu di dalam kulkas alih-alih pada suhu ruangan untuk menjaga kesegarannya.

Akan tetapi, menyimpannya di dalam kulkas pun tidak menjamin susu tidak akan cepat basi, terutama jika kulkas kerap mengalami suhu yang tidak konsisten dan terjadi fluktuasi dari waktu ke waktu.

Disadur dari Real Simple, Senin (4/7/2022), susu tetap bisa disimpan di dalam kulkas terlepas dari ragam hal tersebut, jika ditempatkan di titik yang benar.

Kesalahan saat menyimpan susu di kulkas

Susu sebaiknya tidak disimpan di pintu kulkas. Mereka dalah tempat terburuk untuk perubahan suhu lantaran mereka adalah tempat terhangat di kulkas.

Setiap kali kamu membuka pintu kulkas, kamu mengeluarkan barang apa pun yang disimpan di titik tiersebut ke sebuah ruangan yang mungkin menjadi ruangan paling panas di rumahmu.

Adapun suhu yang lebih hangat dan fluktuasi yang kerap terjadi dapat membuat makanan berisiko cepat basi, terutama jenis seperti susu dan krim.

Susu sebanyak 4,5 liter memang sempurna untuk ditempatkan di pintu kulkas, tetapi suhu yang lebih hangat dapat membuatnya mengental sebelum kamu sempat meminumnya.

Demikian pula dengan bakteri yang berpotensi berbahaya yang dapat tumbuh pada suhu yang lebih hangat. Semakin lama susu terpapar panas dapur, semakin cepat bakteri tumbuh.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan susu?

Cara menyimpan susu di kulkas

Kamu bisa membuat susu bertahan lebih lama dengan menyimpannya di bagian belakang kulkas, entah di rak dekat bagian tengah atau bawah kulkas. Sebab, udara panas naik.

Jadi, rak atas mungkin beberapa derajat lebih hangat daripada rak bawah. Sementara untuk kompartemen penyimpanan di pintu kulkas, mereka cocok untuk menyimpan makanan yang tidak mudah rusak.

Beberapa di antaranya mencakup saus tomat, mustard, kecap, saus untuk salad, selai, dan minuman kemasan seperti soda. Makanan-makanan ini cenderung tidak cepat basi.

Terkait suhu kulkas, susu sebaiknya disimpan pada suhu 2,7 derajat celsius. Jika suhu mendekati 4,4 derajat celsius, ada kemungkinan besar bakteri berbahaya mulai tumbuh dan berkembang biak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/04/124500176/hindari-kesalahan-ini-saat-menyimpan-susu-di-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke