Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menurut Feng Shui Ini 4 Kekurangan Rumah Menghadap ke Barat

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat akan membeli atau membangun rumah, salah satu hal yang penting untuk kamu pertimbangkan adalah arah hadap rumah tersebut.

Menurut feng shui, arah hadap rumah ini sangat mempengaruhi keadaan penghuninya, baik dalam segi kesehatan, keberuntungan dan juga keharmonisan hubungan.

Salah satu arah hadap rumah yang sering dianggap tidak nyaman ialah rumah yang menghadap ke barat. Rumah yang menghadap ke barat mendapatkan sinar matahari siang hingga sore yang cukup terik sehingga membuat rumah menjadi lebih panas.

Melansir dari Feng Shui Beginner, Minggu (13/2/2022), berikut ini adalah 4 alasan utama kenapa kamu sebaiknya tidak membeli rumah yang menghadap ke arah barat.

1. Peningkatan tingkat keausan

Rumah yang menghadap ke arah barat mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Hal ini membuat rumah menjadi lebih panas terutama saat siang hari.

Seiring berjalannya waktu, sinar matahari dan ultraviolet yang sangat kuat ini dapat menyebabkan keausan pada furniture, gorden rumah dan lantai rumah.

Panas matahari yang menghadap kerumah membuat pendingin bekerja lebih maksimal. Contohnya saja seperti lemari es, kipas angin dan AC.

Tentu saja hal ini dapat meningkatkan tagihan listrik di rumah mu. Kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan AC hemat energi.

3. Ketidaknyamanan menyebabkan ketidakharmonisan

Menurut feng shui, rumah yang panas dan tidak nyaman menyebabkan penghuni rumah tersebut lebih mudah marah.

Hal ini tentu saja mempengaruhi hubungan dan keharmonisan mu. Dalam jangka panjang hal ini juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan emosional dan fisik.

4. Ventilasi angin yang buruk

Rumah yang menghadap barat memiliki ventilasi angin yang lebih buruk jika dibandingkan dengan rumah menghadap utara dan selatan.

Jika kamu memiliki rumah yang menghadap ke barat, sebaiknya mulailah menggunakan lapisan film surya yang bagus. Lapisan film ini dapat meminimalisir jumlah panas dan UV dari transmisi sinar matahari namun cahaya alami masih bisa masuk kedalam ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/13/182600276/menurut-feng-shui-ini-4-kekurangan-rumah-menghadap-ke-barat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke