Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Harga Jual Rumah, Apa Saja?

“Harga properti bisa kembali normal, bahkan meningkat, dengan catatan bahwa pemerintah mampu menjaga situasi ekonomi tetap kondusif,” ujar Country Manager Rumah.com, Marine Novita.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga jual rumah, salah satunya mengganti warna cat. 

Menurut Real Simple, Minggu (9/1/2022), ada beberapa warna cat yang bisa memberi dampak positif pada harga jual rumah.

“Lapisan cat yang baru memberikan ROI (return of investment) 100 persen dan dapat meningkatkan nilai rumah sebesar 5 persen,” jelas CEO Liz Walton Home, Liz Walton.

Co-founder Plunk, David Bluhm, mengatakan bahwa apa yang disukai dan diinginkan orang-orang sangat berbeda, baik itu dalam warna, nuansa, maupun energi.

“Semakin berani warna yang dipilih, semakin kamu mengundang risiko bahwa kamu hanya akan menarik audiens yang lebih kecil dari pembeli potensial,” ujar Bluhm.

Director of Warranty Service di Power Home Remodeling, Eamon Lynch, menuturkan bahwa pemilihan warna untuk bagian luar rumah juga penting karena dapat meningkatkan harga jual properti.

Nah, demi menghindari salah memilih, berikut empat warna cat yang bisa meningkatkan harga jual rumah menurut para ahli. 

Ditambah, warna cat putih membuat ruangan terlihat dan terasa lebih besar serta lebih mengundang. 

“Hanya ada satu warna yang meningkatkan atau tidak menurunkan harga rumah. Warna itu adalah warna putih,” ungkap VP of Design di Welcome Homes, Anthony Carrino.

Senior Interior Design di Lars Remodeling and Design, Wendy McCleery, menjelaskan bahwa putih sangat cocok untuk dapur.

“Mengecat rumah dengan putih halus atau netral akan membuat rumah lebih laku dijual dan membantunya tampak lebih besar dan seperti kanvas yang bersih,” jelas Walton.

“Saat kami melakukan flipping pada properti, kami senang menggunakan warna krem muda pada dinding interior,” kata Marina Vaamonde, seorang Commercial Real Estate Investor and Founder di PropertyCashing. 

Mengutip Investopedia, flipping adalah jenis strategi investasi properti yang mana seorang investor membeli properti bukan untuk digunakan, melainkan dijual demi mendapatkan keuntungan.

Selain itu, warna ini dalam rata-rata dapat meningkatkan nilai jual sebuah rumah sebesar US$5.000 atau setara dengan Rp 71,5 jutaan.

“Kamar mandi adalah tempat para pemilik rumah ingin merasa tenang. Warna apa pun yang dapat memberikan rasa itu secara otomatis memberikan nilai yang meningkat,” kata Lynch.

Sementara itu, McCleery menjelaskan, biru muda dapat membuat kama mandi terlihat menarik, nyaman, dan lebih luas.

“Warna biru dikatakan sebagai warna yang memberikan perasaan akan ketenangan dan kedamaian,” tutur Co-owner Swanky Den bernama Kate Diaz.

Kombinasi abu-abu dan beige

Warna abu-abu dan beige cocok untuk ruang tamu, kamar tidur, dan eksterior rumah. Keduanya dianggap sebagai warna netral terbaik untuk mengecat interior rumah.

Jika tidak bisa memilih salah satu warna, Warner Quiroga menyarankan mengombinasikannya dengan memilih warna greige (gray dan beige).

“Greige dapat menjadi alternatif untuk putih dan abu-abu dan memberi kesan keanggunan dan berkelas,” ujar Real Estate Investor dan Pemilik Presitge Home Buyers tersebut. 

Tidak hanya itu, warna greige juga membuat rumah memiliki kesan yang hangat sehingga mampu meningkatkan harga jualnya.

Home Care Expert di Angi yaitu Bailey Carson mengatakan, mengecat ulang ruang tamu dengan warna netal seperti abu-abu, beige, atau cokelat muda dapat menambah hingga US$2.000 atau sekitar Rp28,6 juta pada nilai jual rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/09/212800276/4-warna-cat-yang-dapat-meningkatkan-harga-jual-rumah-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke