Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Abu-abu

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa berwarna abu-abu bisa menjadi elemen dekorasi yang menarik di ruang tamu. Ide dekorasi dengan sofa abu-abu adalah cara terbaik untuk membawa keseimbangan dan harmoni ke ruang tamu.

Dilansir dari Homes & Gardens, Senin (27/12/2021), ruang tamu yang dilengkapi sofa abu-abu dapat memberikan oasis visual yang tenang di antara skema warna-warni, atau memberikan fondasi yang kokoh untuk membangun komposisi netral berlapis yang apik.

"Abu-abu adalah warna yang sangat serbaguna, membentuk dasar yang ideal untuk memperluas palet Anda," kata Kelly Collins, kepala kreatif di Swyft.

"Ini mungkin tampak seperti pilihan yang membosankan, tetapi sebenarnya sama sekali tidak. Sofa adalah investasi besar dan titik fokus ruangan, jadi selalu yang terbaik untuk memilih warna yang tidak pernah ketinggalan zaman," jelas Collins.

Sementara itu, menurut Dani Burroughs, kepala produk di Snug, dalam hal menata ruang tamu, memilih sofa abu-abu memberi Anda peluang dekorasi tanpa batas dan memungkinkan Anda mendesain dengan kanvas kosong.

"Anda dapat mengatasi gaya dekorasi apa pun, mulai dari Skandinavia yang apik hingga maksimalis avant-garde," ujar Burroughs.

Berikut beberapa ide dekorasi ruang tamu dengan sofa abu-abu.

1. Pilih warna abu-abu yang tepat

Mendapatkan ide tempat duduk di ruang tamu Anda sangat penting untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman dan bergaya. Untuk memastikan ruang tamu terlihat sempurna, jangan hanya memikirkan rona, tetapi juga nada.

“Abu-abu adalah warna netral dan cocok dengan berbagai pilihan warna lain, tetapi ada pertimbangan nada untuk dipikirkan,” terang Collins.


"Tentu saja, ada banyak warna abu-abu, jadi Anda perlu memutuskan apakah Anda ingin warna (abu-abu) terang atau gelap, yang mungkin dipengaruhi oleh ukuran, bentuk, dan gaya pilihan sofa Anda," imbuh dia.

Sebagai contoh, sofa kecil berwarna abu-abu pucat berfungsi sebagai kontras terang dengan dinding hijau tua ruang tamu, dengan perabotan lembut menambahkan warna-warna mid tone. 

2. Padukan dengan warna netral

Abu-abu tidak harus menjadi pilihan warna yang dingin. Plihlah warna dengan undertone coklat untuk menghangatkan suasana.

Lebih baik lagi, pasangkan sofa abu-abu dengan rangkaian warna netral yang hangat untuk menciptakan skema berlapis dengan suasana yang ramah dan nyaman.

Desainer interior Tiffany Leigh menggunakan sofa abu-abu muda dengan tekstur garis silang dipasangkan dengan dinding dan tirai krem, kursi kulit cokelat, furnitur kayu, dan aksesori terakota untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman namun ringan.

3. Sofa abu-abu modern melengkapi desain kontemporer

Abu-abu adalah pilihan yang sangat baik untuk gaya sofa yang lebih modern. Menggabungkannya dengan dekorasi kontemporer yang bersih dan serupa akan mempertahankan fokus pada siluet sederhana namun bergaya.

"Desain modern yang tak lekang oleh waktu tidak terpengaruh oleh mode atau tren, ia memiliki daya tahan untuk tidak pernah ketinggalan zaman," ucap Jordan Thompson, pendiri Featured Edits Furniture.

Jadi saat mendesain ruang tamu dengan sofa abu-abu, pertimbangkan untuk memasangkannya dengan kombinasi bentuk pahatan ikonik dan bentuk furnitur oval untuk menciptakan kontras.

4. Sofa abu-abu berbahan beludru untuk ruang tamu bergaya mewah

Meskipun jenis warna penting dalam memilih sofa abu-abu yang tepat, jangan lupakan juga teksturnya. Untuk menyuntikkan sedikit kemewahan ke ruang tamu Anda, ganti bahan kain matte dengan beludru yang mewah.


Gunakan sofa beludru dalam skema yang bersih dan modern untuk menambahkan sedikit gaya dan kepribadian.

Sofa abu-abu adalah latar belakang netral, sehingga penting untuk menghidupkannya dengan bantal berwarna cerah. Cobalah untuk menggabungkan tekstur atau warna yang berbeda pada karpet lantai di bawahnya untuk membuat sofa menonjol.

Anda juga dapat menyeimbangkan warna abu-abu dengan sesuatu yang lain di dalam ruangan, seperti gorden atau perabot lainnya seperti kursi berlengan atau karya seni.

6. Padukan sofa abu-abu dengan bahan alami

Untuk mencegah ide ruang tamu abu-abu terasa terlalu keras, letakkan di antara berbagai tekstur yang lembut. Hal ini sangat penting ketika memilih sofa dengan warna sedang atau abu-abu gelap.

Sentuhan akhir alami adalah pasangan yang sempurna untuk membuat kehadirannya terasa organik daripada klinis.

Untuk menciptakan keseimbangan dan kedalaman pada permukaan ruangan, padukan berbagai tekstur, misalnya permukaan matte dan gloss, meja kopi kaca, lantai kayu alami, furnitur beton, permadani tenun, kain bantalan taktil, dan karya seni abstrak

7. Padukan abu-abu dengan biru

Sofa abu-abu mudah dimasukkan ke dalam beragam skema warna. Jika Anda menginginkan pasangan yang sangat kontemporer dan efektif, tambahkan satu ke dalam ide ruang tamu warna biru.

Biru terbukti menjadi warna yang menenangkan untuk interior, dan abu-abu adalah warna netral yang sangat baik untuk dipadukan dengannya untuk skema desain yang keren dan segar.


Padukan ini bekerja dengan baik untuk ruang tamu modern yang terang dan terang, tetapi juga dapat bersatu untuk menciptakan suasana yang sejuk.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/27/183800376/7-ide-dekorasi-ruang-tamu-dengan-sofa-abu-abu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke