Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Hal yang Harus dan Tidak Harus Dilakukan Terhadap Kulkas

Jadi, penggunaan yang tidak tepat dan kurangnya perawatan dapat menyebabkan kerusakan, pemborosan energi, dan merusak bahan makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk memerhatikan penggunaan dan perawatan terhadap kulkas yang kamu miliki.

Dilansir dari Food Network, Sabtu (25/12/2021), pada artikel ini akan dibahas mengenai hal yang harus dan tidak harus dilakukan terhadap kulkas.

Atur freezer pada suhu stabil, yakni 0 derajat Fahrenheit (-17,778 derajat Celcius). Suhu ini cukup dingin untuk membuat es krim tetap beku, tetapi tidak terlalu dingin sehingga menguras energi.

Bersihkan dan periksa segel pintu kulkas sebulan sekali

Jika pintu kulkas milikmu tidak tertutup rapat, udara dingin yang ada di dalam kulkas dapat keluar, sehingga mempersulit kulkasmu untuk tetap dingin dengan maksimal.

Segel yang rusak pada freezer dapat menyebabkan penumpukan bunga es yang tidak diinginkan.


Bersihkan segel pintu kulkas dengan air sabun hangat untuk mencegah kotoran atau tumpahan makanan menghalangi segel. Jika segel retak atau rusak, saatnya untuk membeli segel baru.

Jika kumparan kondensor kulkasmu terletak di bagian belakang, cukup tarik kulkas dari dinding. Namun, jika kumparan kondensor ada di bagian bawah kulkas  cukup lepaskan pelat penutupnya.

Sebelum membersihkan kumparan kondensor, pastikan untuk mencabut steker kulkas terlebih dahulu agar kamu tidak tersetrum.

Gunakan sikat kumparan atau coil brush (tersedia di toko perangkat keras) untuk menghilangkan debu, lalu singkirkan debu dengan penyedot debu.

Pisahkan beberapa produk di tempat yang berbeda

Beberapa buah, seperti apel, pisang, alpukat, dan melon, mengeluarkan etilen, gas pematangan yang menyebabkan pembusukan dini di bahan makanan lainnya.

Jadi, jauhkan buah yang mengganggu dari sayuran sensitif (yang akan layu akibat paparan etilen) di tempat terpisah yang disetel ke kelembapan rendah.

Ventilasi terbuka akan membiarkan sebagian gas keluar dan membantu bahan makanan yang disimpan di kulkas bertahan lebih lama.

Buang sisa makanan tepat waktu

Apakah sisa makanan minggu lalu boleh dimakan? Bagaimana dengan pasta kemarin? Aturan umum dari Departemen Pertanian Amerika Serikat: Setelah hari keempat, buanglah.

Sebaiknya kamu tidak meletakkan item-item seperti susu dan telur di sana. Simpan di rak sebagai gantinya.

Saus pedas, selai kacang, biji kopi, dan item-item lain yang biasanya tidak memerlukan pendinginan dari dalam kulkas dan akan baik-baik saja, bahkan lebih baik disimpan di dapur.

Membersihkannya dengan pembersih kimia yang keras

Ingat, kulkas adalah tempat untuk menyimpan makanan. Jadi, pilihlah bahan pembersih hijau yang tidak beracun atau campurkan sedikit air dengan soda kue atau cuka putih dan gosok.

Gulung lengan bajumu, keluarkan semua makanan dari kulkasmu dan lakukan pembersihan mendalam setiap tiga bulan sekali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/25/134700876/ketahui-hal-yang-harus-dan-tidak-harus-dilakukan-terhadap-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke