Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Membersihkan dan Merawat Kamar Mandi

Dengan perawatan rutin, dapat menjaga kamar mandi tetap bersih, higienis, serta bebas kuman dan bakteri. 

Sayangnya, ketika datang ke pembersihan kamar mandi, kebanyakan dari kita tidak senang melakukannya sehingga sering menunda tugas pembersihan.

Namun, suka tak suka, Anda tetap harus membersihkan kamar mandi. Sebetulnya, perawatan kamar mandi bisa jauh lebih mudah jika tahu cara membersihkan dan merawatnya dengan benar.

Melansir dari My Decorative, Rabu (17/11/2021), berikut tujuh tips membersihkan dan merawat kamar mandi. 

Cobalah metode pembersihan sederhana bebas bahan kimia dengan menyemprotkan campuran sedikit cuka dan air ke cermin serta menyekanya dengan kain lembut yang tidak berbulu.

Selain itu, bisa menggunakan teh hitam pekat karena asam tanat dalam teh dapat menghilangkan kotoran; gosokkan rebusan teh pada cermin menggunakan kain, lalu bersihkan dengan kain bersih untuk mengeringkan cermin.  

Kloset dan dudukannya 

Memiliki kloset beserta dudukannya yang bersih merupakan bagian integral dari kamar mandi bersih. Untuk pembersihan, gunakan pembersih toilet alami dengan menuangkan seperempat cangkir baking soda dan seperempat cangkir cuka ke dalam mangkuk kloset, lalu diamkan selama 10-15 menit

Setelah itu, buat campuran baking soda dan cuka menjadi pasta, lalu oleskan ke seluruh dudukan kloset, dan diamkan beberapa saat. Selanjutnya, gosok kloset dan dudukannya dengan sikat, siram kloset, dan semprotkan air ke dudukan kloset. 

Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air untuk memberikan tampilan berkilau pada wastafel. Pastikan memeriksa keran air apakah terkena cipratan sabun atau pasta gigi dan segera bersihkan.

Buih sabun

Gunakan semprotan memasak atau cooking spray untuk membersihkan sisa-sisa sabun dan kapur di kamar mandi. 

Semprotkan cooking spray ke seluruh dinding kamar mandi, lantai, dan pintu kamar mandi, kemudian diamkan selama 10-15 menit, dan bilas dengan air sabun. 

Saluran pembuangan wastafel 

Seiring waktu, saluran pembuangan wastafel akan tersumbat karena sisa-sisa makanan dan rambut. Alih-alih menggunakan bahan pembersih kimia, ambil beberapa baking soda, jeruk nipis, cuka suling, dan air.

Selanjuntnya, tuang seperempat cangkir baking soda, peras air jeruk nipis ke dalamnya, tuangkan setenagh cangkir cuka suling, diamkan selama 5-10 menit, dan tuangkan air mendidih. 

Pastikan semuanya tertutup cuka dan ikat kantong dengan karet gelang. Biarkan meresap selama satu jam, lalu lepas kantong plastik, dan keran dan shower kembali bersih.  

Dinding dan lantai kamar mandi

Siapkan pembersih untuk lantai dan dinding kamar mandi. Caranya, campurkan satu cangkir garam, satu cangkir baking powder, secangkir boraks, tambahkan sedikit air, dan aduk rata semuanya sampai membentuk pasta.

Oleskan pasta ke seluruh lantai serta dinding kamar mandi, kemudian gosok perlahan menggunakan sikat dan bilas.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/17/132600476/7-tips-membersihkan-dan-merawat-kamar-mandi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke