Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Rekomendasi Lantai untuk Teras dan Balkon Rumah

Balkon atau teras yang dirancang dengan baik dapat menciptakan koneksi luar-dalam yang cemerlang serta menjadi tempat bersantai atau menjamu tamu. 

Seperti dilansir dari Houzz, Rabu (11/11/2021), desain lantai memainkan peran kunci dalam desain dan keindahan ruang luar tersebut.

Misalnya, lantai yang banyak digunakan sekarang bukan mosaik konvensional, melainkan lempengan batu atau lantai semen.

Tidak hanya desain yang bagus, lantai ruang luar juga harus memiliki kualitas tinggi seperti kekuatan, daya tahan, tampilan yang bagus, antislip, serta tidak pudar saat terkena sinar matahari langsung.

Berikut beberapa pilihan lantai atau ubin untuk teras atau balkon rumah. 

Ubin porselen

Ubin porselen dibuat dari bahan berbasis tanah liat yang dibakar pada suhu sangat tinggi. Proses ini membuat ubin porselen keras, padat, sangat tahan lama, tidak berpori, dan tahan lembap. 

Tak heran, menjadikannya pilihan yang baik untuk ruang luar seperti teras dan balkon. Lantai ini tersedia dalam berbagai ukuran, warna, desain, juga tekstur. Pilih ubin porselen antiselip dengan hasil akhir yang kasar. 

Lantai batu alam dibuat dengan batu alam seperti granit, marmer, batu tulis, dan travertine yang dipotong dengan mesin menjadi ubin persegi atau persegi panjang standar.

Terbuat dari bahan alami, lantai batu alam hadir dengan pola butiran alami. Jadi, tidak ada dua ubin yang terlihat sama. Perhatikan bahwa batu alam sangat berpori dan perlu disegel dengan benar. 

Lantai semen

Lntai semen menjadi kanvas yang dapat membawa warna, pola, dan tampilan yang indah ke teras serta balon. 

Lantai luar ruangan ini juga dikenal sebagai ubin semen encaustic yang terbuat dari kerajinan tangan dan hadir dengan pola rumit yang menambahkan elemen seni ke ruang mana pun.

Sangat penting menutup lantai semen luar ruangan agar tahan terhadap noda, tidak pudar, serta mencegah kelembapan menembus ubin.  

Lantai terakota

Masukkan kehangatan organik ke luar ruangan dengan lantai terakota. Tampilan pudar dari ubin ini dalam warna cokelat kemerahan memberikan daya tarik bersahaja yang melengkapi ruang luar yang hijau.

Ubin terakota sangat berpori dan memiliki daya tahan lama. Pakaikan ubin terakota dengan sealant penetratif yang dapat melindunginya dari noda, penyerapan air, kelembapan, juga pertumbuhan jamur. 

Paving kayu tidak hanya memberikan kehangatan dan efek bertekstur yang kaya, tetapi juga memberikan tampilan modern kelas atas ke luar ruangan.

Bagian terbaik ubin ini adalah dapat ditempatkan langsung di atas beton atau permukaan datar lainnya.

Namun, penting menggunakan kayu terbaik untuk paving dan merawatnya agar tahan rayap serta gunakan sealant yang tepat sebelum pemasangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/11/183000876/5-rekomendasi-lantai-untuk-teras-dan-balkon-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke