Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Ikan Salmon Bagus untuk Kucing? Ini Penjelasan Dokter Hewan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan adalah salah satu makanan kucing yang paling umum. Jenis ikan laut yang banyak dijadikan dijadikan makanan kucing adalah ikan salmon dan ikan tuna.

Dikutip dari Daily Paws, Sabtu (4/9/2021), ikan salmon adalah sumber protein yang baik, mengandung sejumlah vitamin dan mineral, dan memberi asupan omega-3 dan omega-6, yang merupakan makanan bergizi untuk manusia, kucing, dan anjing dalam segala macam cara.

Namun demikian, apakah ada cara yang ideal untuk memasukkan ikan salmon ke dalam makanan kucing?

Apakah ikan salmon bagus untuk kucing?

Bisakah Anda memberi makan kucing dengan ikan salmon? Jawabannya adalah ya, kata Renee Schmid, dokter hewan ahli toksikologi di Pet Poison Helpline.

"Semua jenis ikan salmon, dan semua bagiannya, baik-baik saja (untuk kucing)," kata Schmid.

Meski begitu, jangan memberikan kepala, ekor, dan tulang ikan salmon ke kucing peliharaan Anda. Bagian-bagian ikan salmon itu dapat menimbulkan bahaya tersedak atau menyebabkan kerusakan saat melewati saluran pencernaan kucing jika tertelan.

Ikan salmon menyediakan protein hewani itu bersama dengan vitamin dan mineral yang bagus untuk kucing, seperti niasin, kalium, selenium, serta vitamin B6 dan B12.

Namun, ikan salmon saja tidak cukup untuk menjaga kucing tetap sehat. Kucing membutuhkan nutrisi seimbang yang lengkap untuk memastikan mereka mendapatkan semua lemak, karbohidrat, protein, dan zat gizi mikronya.

Oleh sebab itu, ikan salmon merupakan bahan dalam makanan kucing, baik makanan basah maupun makanan kering.

Cara memberi ikan salmon yang aman untuk kucing

Ada beberapa cara memberi makan kucing dengan ikan salmon, namun tidak membahayakan bagi kesehatan kucing, antara lain sebagai berikut.

1. Ikan salmon mentah

Kucing boleh diberikan daging ikan salmon mentah, menurut Schmid. Namun demikian, bukan berarti kucing harus makan daging ikan salmon mentah.

"Salmon yang dimasak mungkin lebih baik daripada mentah untuk mencegah gangguan pencernaan," tutur Schmid.

Ia juga menyatakan, penyakit keracunan adalah risiko bagi anjing yang memakan ikan salmon mentah dan beberapa ikan lainnya. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Neorickettsia helminthoeca dan Nanophyetus salmincola.

Akan tetapi, imbuh Schmid, kucing tampaknya resisten terhadap penyakit akibat bakteri ini. Namun, hanya karena penyakit ini tidak menyerang kucing, tidak berarti ikan salmon mentah dan daging lainnya tidak berisiko bagi hewan peliharaan dan manusia.

Sepuluh tahun yang lalu, Asosiasi Rumah Sakit Hewan Amerika, dengan dukungan dari Asosiasi Praktisi Kucing Amerika, memberikan pernyataan menentang diet makanan mentah untuk kucing.

"Diet makanan mentah buatan sendiri tidak aman karena daging eceran untuk konsumsi manusia dapat terkontaminasi patogen," demikian bunyi pernyataan itu.

"Banyak patogen yang ditemukan dalam diet protein mentah dapat ditularkan ke populasi manusia melalui kontak dengan makanan itu sendiri, hewan peliharaan atau permukaan lingkungan. Sejumlah organisme ini juga telah terbukti resisten terhadap beberapa antimikroba," lanjut pernyataan kedua asosiasi tersebut.


Untuk menghindari masalah kesehatan, masak ikan salmon dan daging lain yang akan diberikan kepada kucing.

2. Ikan salmon kalengan

Karena berbagai produk ikan salmon kalengan mungkin mengandung aditif atau rempah-rempah yang tidak cocok dengan perut kucing atau mungkin beracun bagi kucing, sebaiknya hindari produk ikan salmon kalengan yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia.

Mungkin juga ada banyak garam tambahan untuk rasa, dan kucing membutuhkan sangat sedikit natrium dalam makanannya.

3. Ikan salmon asap

Kucing bisa makan ikan salmon asap, tetapi seperti salmon kalengan, salmon asap mungkin telah disiapkan selama dan setelah proses memasak dengan tambahan garam atau bumbu lain yang tidak baik untuk kucing.

4. Kulit ikan salmon

Kulit ikan salmon mungkin memiliki konsentrasi asam lemak omega-3 dan omega-6 yang lebih tinggi daripada dagingnya. Jadi, meskipun Anda harus memastikan untuk memotong kepala dan sirip serta membuang semua duri, mungkin lebih baik membiarkan kulit ikan salmon tetap dingin.

Pastikan saja tidak menyebabkan ketidaknyamanan setelah makan, jika kucing peliharaan Anda memiliki pencernaan yang sensitif.

5. Ikan salmon yang dimasak

Ini adalah cara aman dalam memberi ikan salmon ke kucing Anda. Buang kepala, sirip, dan tulang, serta pertimbangkan untuk memanggang atau merebus ikan.

Metode memasak yang lebih dalam dapat menghilangkan beberapa nutrisi ikan salmon, tetapi masih aman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/09/04/083800876/apakah-ikan-salmon-bagus-untuk-kucing-ini-penjelasan-dokter-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke