Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menjaga Hewan Peliharaan Tetap Sejuk Selama Cuaca Panas

Namun, ada hal lain yang juga perlu dijaga, yakni hewan peliharaan. Menjaga dan mempersiapkan hewan peliharaan ketika cuaca panas juga harus menjadi prioritas.

Pasalnya, semua jenis hewan peliharaan akan menghadapi bahaya dehidrasi dan serangan panas selama cuaca panas.

Untuk itu, penting bagi pemilik hewan mengetahui tanda-tanda stres pada hewan saat cuaca panas, terlebih mencegahnya sejak awal. 

Melansir dari laman Homes to Love, Minggu (1/8/2021), sejumlah ahli memberikan tips menjaga hewan peliharaan tetap sejuk, nyaman, dan terhindar dari dehidrasi selama cuaca panas. 

Jauhkan dari panas

Cara satu ini terdengar jelas, tetapi menjaga hewan peliharaan tetap berada dalam ruangan adalah hal paling efektif yang dapat dilakukan untuk menghindari panas serta membuatnya tetap sejuk.

Selalu pastikan mangkuk air hewan peliharaan tetap penuh, tambahkan es batu pada hari-hari yang lebih hangat agar air tetap dingin lebih lama, atau membekukan beberapa camilan.

Dokter hewan peliharaan, Sasha Nefedova, mengatakan konsumsi air atau naungan yang terbatas pada cuaca panas dapat menyebabkan hewan peliharaan menderita stres panas dan dehidrasi parah. 

Tanda-tanda dehidrasi dapat diketahui dengan melihat tampilan fisik hewan seperti menghilangnya elastisitas kulit, tubuh lesu, mata cekung, terengah-engah berlebihan, bahkan pingsan.

Jika melihat salah satu dari tanda-tanda ini, segera bawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk pemeriksaan. 

Pastikan tetap terhidrasi

Ketika cuaca panas, hewan peliharaan jarang mendapatkan terlalu banyak asupan air segar dan dingin. Untuk itu, sediakan beberapa mangkuk air. Berikan air segar setiap hari dan pantau asupan air harian hewan.

“Asupan ‘normal' bervariasi dari 20-70 mililiter/kilogram per hari, tergantung pada pola makan dan aktivitas hewan peliharaan," ucap Dr Sharpin. 

Jangan meninggalkan dalam mobil

Suhu dalam mobil meningkat secara signifikan lebih tinggi daripada suhu eksternal.

Kate Bruce, dokter hewan dan duta besar Royal Canin, mengatakan pada hari dengan suhu 25 derajat Celsius, suhu di dalam mobil bisa mencapai 35 derajat Celsius dalam waktu 10 menit.

“Hewan peliharaan dapat mengalami stres panas yang fatal dalam waktu 10 menit setelah berada di dalam mobil yang panas. Seperti seorang anak, jangan tinggalkan mereka dalam mobil," ucapnya. 

Hindari olahraga berlebihan

Heat stroke adalah risiko lain yang bakal dialami pada hari-hari panas, terutama anjing yang energik.

Untuk mengurangi risiko serangan panas, hindari mengajak hewan peliharaan berolahraga atau mengunjungi pantai pada hari-hari sangat panas.

"Waktu terbaik mengajak anjing jalan-jalan setiap hari adalah pada pagi atau sore hari ketika suhu turun, kecuali Anda memiliki akses ke air atau tempat teduh untuk menjaga hewan peliharaan tetap dingin," kata PETstock VET Dr Sasha Nefedova. 

Nutrisi yang cukup 

Berikan makanan berkualitas baik dan seimbang untuk mendukung kebutuhan nutrisi hewan peliharaan saat mengajaknya bepergian pada musim panas.

"Manajemen berat badan sangat penting karena hewan peliharaan yang kelebihan berat badan biasanya lebih cepat menyerah pada panas," ujar Kate Bruce. 

Menyediakan mainan dan aksesori pendingin 

Ada banyak mainan dan aksesori pendingin yang tersedia untuk membantu menjaga hewan peliharaan tetap sejuk dan terhibur saat cuaca panas seperti menyediakan tikar pendingin sampai mainan menyenangkan yang telah dibekukan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/01/083000176/tips-menjaga-hewan-peliharaan-tetap-sejuk-selama-cuaca-panas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke