Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Feng Shui untuk Kekayaan dan Keberuntungan di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno China sebagai praktik untuk menyeimbangkan lingkungan buatan dengan lingkungan alam.

Saat ruang tempat kita tinggal dan bekerja seimbang dengan alam, maka membantu menciptakan keadaan terbaik untuk kemakmuran dan keberuntungan.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (14/7/2021), seluruh gagasan feng shui adalah untuk menciptakan situasi kehidupan yang lebih menguntungkan bagi seseorang dengan melihat bagaimana rumah mereka terletak di suatu lingkungan dan bagaimana barang-barang ditempatkan di dalamnya.

Berikut beberapa tips feng shui untuk menciptakan lebih banyak kemakmuran, kelimpahan, dan keberuntungan di rumah.

1. Temukan dan aktifikan area kekayaan

Ada area peta feng shui bagua yang disebut posisi Xun, yang terkait dengan kekayaan, keberlimpahan, dan kemakmuran.

Untuk menemukan area kekayaan, berdirilah di ambang pintu rumah menghadap ke dalam. Sudut paling kiri adalah area kekayaan.

Salah satu cara mudah untuk mengaktifkan area ini untuk mendatangkan lebih banyak kekayaan dan keberuntungan adalah dengan menambahkan tanaman hijau hidup.

Tanaman mewakili elemen kayu, yang dikaitkan dengan area bagua ini, serta pertumbuhan dan awal yang baru.

Area kekayaan juga terkait dengan warna ungu, jadi Anda bisa mengaktifkan area ini dengan mendekorasinya dengan aksen ungu. Kristal amethyst adalah cara yang bagus untuk membawa warna ungu ke area kekayaan.

2. Letakkan tanaman pilea

Meskipun banyak jenis tanaman dapat mendukung di bidang kekayaan, beberapa khususnya sering dikenal sebagai tanaman pembawa keberuntungan dalam feng shui.

Tanaman-tanaman ini bisa menjadi pilihan yang bagus jika Anda ingin mengundang lebih banyak kekayaan dan kemakmuran.

Pilea peperomioides dan tanaman giok adalah dua dari beberapa tanaman yang diyakini bisa mengundang kekayaan dan kemakmuran. Keduanya memiliki bentuk daun seperti koin, dan tanaman giok juga menyerupai batu giok yang berharga.

Pachira aquatica, juga disebut pohon uang, sering digunakan sebagai penyesuaian feng shui untuk menyambut kelimpahan.

3. Cat pintu masuk rumah dengan warna merah

Dalam feng shui, pintu depan adalah salah satu bagian terpenting dari rumah karena begitulah energi dan peluang menemukan Anda.

Penting untuk membuatnya ramah dan mengundang, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan sengaja memilih warna cat yang mendukung untuk pintu depan Anda.

Merah adalah warna yang paling menguntungkan dalam feng shui, dan juga menawarkan perlindungan dan transformasi energi negatif. Pintu merah sangat mencolok, sehingga dapat membawa banyak energi, perhatian, dan peluang ke arah Anda.

3. Tambahkan kristal citrine

Citrine sering digunakan untuk mewujudkan kelimpahan dan peluang finansial, dan untuk menciptakan rasa percaya diri dan optimisme yang meningkat.

Saat Anda mengusahakan kelimpahan, penting juga untuk melihat bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri. Menumbuhkan rasa percaya diri dan harga diri akan mendukung tujuan kelimpahan materi Anda juga.

Anda dapat menempatkan citrine di area kekayaan untuk mengaktifkannya, atau Anda dapat menempatkan citrine di meja untuk mengundang lebih banyak peluang kekayaan dan kelimpahan dalam karier.

4. Tempatkan patung katak pembawa uang feng shui

Katak pembawa uang atau chan chu adalah simbol China yang sering digunakan dalam feng shui untuk mengundang kemakmuran dan kelimpahan. Selain terhubung dengan kekayaan, itu juga mewakili umur panjang dan kebijaksanaan.

Dalam cerita rakyat China, ada banyak cerita tentang katak uang, dan konon katanya menghasilkan koin dari mulutnya.

Dalam feng shui, katak uang umumnya berupa patung kecil yang terbuat dari logam, batu giok, atau jenis batu lainnya.

Yang terbaik adalah menempatkan katak uang di permukaan yang rendah, tetapi tidak langsung di lantai.

Jika Anda memilih untuk menempatkan patung katak pembawa uang di rumah, pastikan Anda memperlakukannya dengan hati-hati. Pastikan untuk sering membersihkannya.

5. Letakkan semangkuk jeruk

Dalam budaya China, jeruk adalah simbol keberuntungan dan kekayaan. Jeruk juga merupakan sumber energi Yang yang aktif dan membangkitkan semangat.

Energi Yang cerah dan meneguhkan kehidupan, seperti matahari tengah hari. Aroma dan warna jeruk benar-benar dapat mengangkat dan memberi energi pada ruangan.

Dengan demikian, meletakkan semangkuk jeruk segar di meja dapur bisa menjadi cara sederhana dan efektif untuk menciptakan lebih banyak kemakmuran dan kelimpahan di rumah dan kehidupan Anda.

6. Mengoleksi koin kuno China

Koin China adalah simbol kepositifan dan keberuntungan. Karena digunakan sebagai mata uang di zaman kuno China, koin China terhubung dengan kemakmuran dan kekayaan.

Umumnya, kelompok uang logam dirangkai dengan pita merah atau kuning dan digantung di dinding.

Merah dan kuning adalah warna keberuntungan dalam feng shui. Warna merah juga melambangkan vitalitas dan perlindungan, dan kuning dikaitkan dengan istana kekaisaran.

Jika Anda ingin menggunakan koin China sebagai penyesuaian di rumah Anda, yang terbaik adalah menemukan koin tembaga antik asli.

Jika Anda tidak dapat menemukannya, pilih replika kualitas terbaik yang dapat Anda temukan, sering kali terbuat dari emas atau batu giok.

7. Menambahkan air mancur

Menambahkan air mancur ke rumah mewakili elemen air, yang terkait dengan kekayaan dan arus kas. Air mancur di dekat pintu masuk rumah mendorong kelimpahan mengalir ke rumah dari luar.

Idealnya, air harus mengalir ke atas atau ke bagian dalam rumah, bukan ke bawah atau jauh dari rumah Anda.

Penting juga untuk sering membersihkan air mancur dan memastikannya tidak mengering. Air mancur yang tidak dirawat dengan baik tidak akan memiliki efek energi positif yang sama dengan air mancur yang dirawat dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/14/101000976/7-tips-feng-shui-untuk-kekayaan-dan-keberuntungan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke