Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Mengapa Bagian Depan Rumah Harus Diperbaiki

JAKARTA, KOMPAS.com-- Biasanya, kita terlalu asyik dan fokus untuk merapikan dan mempercantik rumah bagian sehingga bagian luar rumah justru sering terlupakan.

Padahal, sama seperti interior rumah, bagian luarnya juga layak mendapatkan perhatian penuh kasih dari pemilik rumah

Karena, bagian luar rumah adalah hal pertama yang dilihat tetangga, teman, dan tamu ketika mereka lewat atau berkunjung.

Itu sebabnya jika ingin memberikan kesan yang baik tentang hunian, perbaikan bagian depan rumah mungkin perlu dilakukan.

Untuk kamu yang masih ragu, berikut adalah lima alasan umum untuk mempercantik bagian depan rumah seperti dilansir dari, Roohome, Minggu (13/6/2021). 

1. Meningkatkan nilai Hunian

Salah satu alasan untuk merombak eksterior rumah adalah untuk meningkatkan nilainya, terutama jika kamu ingin segera menjualnya.

Dengan beberapa renovasi eksterior, kamu akan membuat hunian menjadi semakin cantik dan membuatnya lebih menarik bagi calon pembeli.

Sehingga rumah akan terjual dengan cepat dan dihargai lebih baik. 

2. Rumah jadi lebih menarik secara estetis

Bagian luar rumah adalah hal pertama yang akan dilihat orang. Oleh karena itu, ketika eksterior terlihat tua dan ketinggalan zaman, itu bisa merusak pemandangan bagi siapa pun yang lewat atau berkunjung.

Tidak hanya itu, jika kamu termasuk dalam lingkungan di mana beberapa proyek renovasi rumah dilakukan, kamu tentu juga ingin properti terlihat menonjol dengan membuatnya menarik secara estetika.

Merenovasi eksterior rumah tidak hanya akan meningkatkan penampilannya, tetapi juga akan memberikan peningkatan efisiensi energi untuk waktu yang lama.

Misalnya, dinding dan lubang atap yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan udara dingin dan panas keluar dari rumah.

Jika kamu menggunakan pendingin ruangan, ini akan menyebabkan AC di rumah menjadi bekerja lebih berat dan lebih memakan banyak energi. Akhirnya, tagihan listrik menjadi lebih membengkak. 

4. Rumah jadi lebih panjang umur 

Perbaikan pada eksterior juga akan membuat rumah semakin panjang umur. Dengan renovasi yang baik, kamu juga tidak harus mengeluarkan banyak uang untuk pemeliharaan yang memakan biaya.


Selain itu, produk bangunan saat ini untuk renovasi eksterior tahan lama, sehingga membutuhkan lebih sedikit perawatan. 

Memperbaiki bagian depan rumah juga akan meningkatkan keamanan bagi para penghuni. 

Atap tua yang sudah lapuk mungkin bisa kapan saja ambruk dan menimpa penghuni atau bahkan tamu.

Selain itu, merenovasi bagian depan juga bisa memperkuat pintu dan jendela agar bebas dari maling dan masalah keamanan lainnya. 

Jika kamu sudah siap merenovasi rumah, segera siapkan desain impian dan jangan lupa disesuaikan dengan budget yang kamu punya, ya!

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/13/201608176/5-alasan-mengapa-bagian-depan-rumah-harus-diperbaiki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke