Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias Bunga Tahan Panas Matahari yang Cocok Ditanam di Pot

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun cuaca panas, tidak ada alasan untuk tidak mempercantik rumah dengan tanaman hias. Ada banyak jenis tanaman hias yang tahan panas matahari dan cocok ditanam di pot.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (11/6/2021), berikut beberapa tanaman hias tahan panas sinar matahari dan cocok ditanam di pot tanaman.

1. Lantana (Lantana camara, Lantana montevidensis)

Kini ada berbagai macam hibrida dan spesies lantana merambat, yang cocok ditanam di pot dan menggantung, sehingga menjadi dekorasi rumah yang menarik. Selain hibrida yang lebih umum ditemukan dengan bunga merah dan kuning, Lantana montevidensis menghasilkan bunga lavender yang subur.

Semua lantana sangat menarik bagi kupu-kupu. Bahkan, segerombolan kupu-kupu bisa hinggap pada tanaman lantana Anda.

Sementara lantana biasanya diklaim sebagai tanaman toleran kekeringan untuk kebun, tanaman yang ditanam dalam pot akan layu jika tanah dan media tanam dibiarkan mengering. Coba tanam di ambang jendela yang cerah selama musim hujan.

Lantana rumit sebagai tanaman hias karena mereka menyukai kelembaban, tetapi akan dengan mudah pulih saat ditanam kembali di luar ruangan di awal musim kemarau.

2. Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

Kembang sepatu adalah tanaman hias yang lazim ditemui di halaman rumah. Setiap varietas memiliki kebiasaan tegak yang bagus, menjadikannya sangat baik sebagai titik fokus di taman pot.

Pastikan untuk memberikan sedikit dukungan pada tanaman dewasa dan melengkung dengan memasukkan pasak taman ke dalam pot dan ikat longgar tali di sekitar batang.

Jika Anda memilih untuk menyimpan tanaman kembang sepatu di dalam ruangan selama musim hujan, ketahuilah bahwa mereka sangat sulit untuk berhasil tumbuh di dalam ruangan, sehingga baik disimpan di kamar mandi yang cerah di mana bisa mendapatkan kelembaban yang cukup.

3. Bunga sikat botol (Callistemon spp.)

Bunga sikat botol adalah tanaman semak berbunga favorit. Tanaman ini memperoleh namanya karena memiliki bunga warna merah bulat yang bentuknya menyerupai sikat.

Varietas kerdil yang dikenal sebagai 'Little John' adalah pilihan populer di kalangan pencinta tanaman di pot.

Bunga sikat botol relatif tahan kekeringan tetapi harus disiram secara menyeluruh jika ditanam dalam pot.

4. Harendong bulu (Tibouchina urvilleana)

Tanaman bunga harendong bulu tersedia dalam bentuk kerdil yan ringkas, sementara kerabatnya Tibouchina heteromalla memiliki daun yang mengesankan dengan lebar lebih dari 6 inci.

Tanaman tropis ini dapat mekar sepanjang tahun ketika ditanam di luar ruangan.

5. Cuphea (Cuphea spp.)

Dengan nama-nama seperti tanaman cerutu (Cuphea ignea), tanaman jagung manis (Cuphea micropetala) dan bunga kelelawar (Cuphea llavea), Anda sudah dapat mengatakan bahwa tanaman ini sangat menyenangkan.

Yang terbaik dari semuanya, Cuphea menghasilkan banyak bunga yang menarik pada batang tegak sepanjang hari-hari terpanas.

6. Salvia (Salvia spp.)

Salvia adalah genus besar yang mencakup spesies tahunan dan abadi, tetapi ini adalah bentuk tahunan yang digunakan untuk menanam di pot. Burung dan kupu-kupu mengeluarkan air liur di atas bunga salvia yang tipis dan berwarna-warni.


Salvia yang paling umum ditawarkan sebagai tanaman tahunan adalah Salvia splendens, tetapi jika dibandingkan dengan yang lain, warnanya agak membosankan. Sebaliknya, carilah salvia warna pelangi.

7. Anggrek (Phalaenopsis spp., Epidendrum spp., Spathoglottis spp.)

Anggrek juga dapat ditanam di luar ruangan di tempat teduh selama musim kemarau. Ada banyak anggrek yang akan sangat puas jika ditanam di taman pot yang cerah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/11/095607676/7-tanaman-hias-bunga-tahan-panas-matahari-yang-cocok-ditanam-di-pot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke