Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Dibuang, Ampas Kopi Bisa Jadi Pupuk untuk Tanaman

Dilansir dari The Spruce, Rabu (28/4/21), kopi bisa dibuat menjadi salah satu pupuk kompos untuk tanaman. Caranya, meletakkannya di tempat sampah kompos. 

Bubuk kopi mengandung sekitar 1,45 persen nitrogen, magnesium, kalsium, kalium, dan mineral lainnya. Menambahkan bubuk kopi dan filter kopi kertas bekas ke kompos Anda akan menghasilkan bahan kompos hijau.

Namun, harus diimbangi dengan bahan kompos berwarna cokelat, yang meliputi daun kering. Harus ada perbandingan 4:1 antara bahan kompos cokelat dan bahan kompos hijau. Jika  memiliki terlalu banyak bahan hijau, tumpukan kompos Anda akan mulai berbau. 

Pupuk dengan Bubuk Kopi 

Tambahkan bubuk kopi langsung ke tanah di kebun. Anda dapat menggalinya ke dalam beberapa inci bagian atas tanah atau hanya menaburkan tanah di atasnya dan membiarkannya begitu saja.

Dalam jumlah yang lebih sedikit, terutama bila dicampur dengan bahan kering, bubuk kopi akan melepaskan nitrogennya. Ampas kopi bekas sebenarnya hampir memiliki pH netral, jadi seharusnya tidak menimbulkan kekhawatiran tentang keasamannya. 

Hindari menggunakan terlalu banyak ampas kopi atau menumpuknya. Sebab, partikel kecil dapat saling mengunci, menciptakan penghalang tahan air di taman Anda.

Anda juga bisa membuat "teh" bubuk kopi. Tambahkan dua cangkir bubuk kopi bekas ke dalam ember berisi 4,5 liter air. Seduh dan diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Ramuan ini bisa Anda gunakan sebagai pupuk cair untuk tanaman yang ditanam di tanah dan pot. Bisa pula menyemprotkan langsung ke daun dan batang tanaman. 

Bubuk Kopi Segar untuk Tanaman yang Mencintai Asam 

Bubuk kopi bekas hanya mengandung sedikit asam, sedangkan bubuk kopi segar (tidak diseduh) memiliki lebih banyak asam. Tanaman Anda yang menyukai asam seperti hydrangea, rhododendron, azalea, lily of the valley, blueberry, wortel, dan lobak bisa mendapatkan manfaat dari bubuk kopi segar ini. 

Namun, tomat tidak menyukai bubuk kopi segar sehingga jauhkan mereka dari area taman itu. Bubuk kopi segar masih memiliki sebagian besar kandungan kafein dan asam. Untuk itu, jangan gunakan bubuk kopi pada bibit atau tanaman yang sangat muda karena kafein dapat menghambat pertumbuhannya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/28/142150476/jangan-dibuang-ampas-kopi-bisa-jadi-pupuk-untuk-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke