Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Bunga Cantik yang Cepat Mekar, Cocok di Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam dan merawat tanaman bunga di rumah, baik di halaman rumah maupun di dalam rumah sebagai tanaman hias indoor sangat menyenangkan. Tentu saja menyaksikan bunga yang cantik bisa memberikan nuansa bahagia dan ceria.

Untuk Anda yang ingin mempercantik halaman rumah, ada banyak bunga yang mekar sepanjang tahun dan tumbuh dengan cepat. Ini tentu menguntungkan bagi Anda yang ingin melihat bunga cepat mekar.

Dilansir dari Birds and Blooms, Jumat (9/4/2021), berikut beberapa bunga cantik yang cepat mekar, yang bisa dipilih untuk ditanam di halaman rumah.

1. Marigold (Tagetes)

Marigold adalah bunga cantik yang cepat mekar dan mekarnya pun sepanjang tahun. Bunga-bunga cerah berwarna kuning dan oranye yang mekar dalam waktu delapan minggu setelah ditanam.

Untuk hasil terbaik, tanam marigold di bawah sinar matahari penuh dan di tanah yang memiliki drainase yang baik. Yang cukup menarik, bunga-bunga ini bisa tumbuh subur tanpa memerlukan pupuk.

2. Sweet pea (Lathyrus odoratus)

Tanaman merambat ini menghasilkan bunga yang menyebar dan sulur yang ramping.

Sweet pea terlihat paling bagus saat memanjat, misalnya di dinding, punjung, teralis, atau pagar.

Rendam benih selama beberapa hari sebelum ditanam.

Bunga ini memiliki aroma yang unik, yakni campuran madu, melati, dan jeruk, yang dapat mengharumkan udara dengan aroma menggoda.

3. Morning glory (Ipomoea)

Bunga ini menjadi favorit banyak pemilik rumah lantaran bentuknya yang cantik dan ragam warnanya, mulai dari pink, putih, ungu, biru, dan magenta.

Bunga ini menyukai matahari, kelopaknya terbentang setiap pagi untuk menyambut hari. Kikir atau potong kulit luar benih dengan pisau tajam atau silet dan rendam dalam air hangat selama satu atau dua hari sebelum ditanam untuk hasil perkecambahan terbaik.

4. Zinnia (Zinnia elegans)

Bunga ceria ini tersedia dalam hampir semua warna Bibit kecil muncul hanya dalam beberapa hari setelah tanam, dengan bunga muncul sekitar enam minggu kemudian.

Bunga ini memiliki kelebihan tersendiri, yakni sangat mudah dirawat. Zinnia hampir tidak membutuhkan perawatan selama musim tanam.

Pastikan Anda memilih varietas tahan penyakit untuk menghindari embun tepung.

5. Phlox (Phlox drummondii)

Phlox adalah pilihan cerdas bagi Anda yang mencari solusi cepat di tempat yang sulit tumbuh. Tandan kecil bunga cantik dalam warna merah jambu, merah, putih, biru, dan ungu menciptakan aliran warna yang terlihat mengesankan di halaman rumah dan di dalam pot.

Bunga ini cenderung mudah dirawat. Selain itu, bunga ini juga mengundang kehadiran lebah, kupu-kupu, dan burung ke halaman rumah Anda.

6. Nasturtium (Tropaeolum majus)

Bunga ini tumbuh cepat dan mudah dirawat, dengan warna oranye cemerlang di atas dedaunan hijau zamrud. Bibit muncul dalam waktu kurang dari seminggu setelah disemai.

Jika warna yang lebih lembut lebih sesuai gaya Anda, cobalah varietas Peach Melba berwarna kuning krem. Bunga dan daunnya dapat dimakan sebagai salad.

Tanam tepat di luar dapur Anda di taman pot atau sebagai penutup tanah.

7. Bunga matahari (Helianthus annuus)

Keindahan bunga matahari tidak bisa diragukan lagi. Bunga ini mampu tumbuh hingga setinggi hampir 2 meter hanya dalam tiga bulan.

Bunga matahari yang sangat kuat menyukai musim panas yang panjang dan terik dan tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan tanah yang lembab tetapi memiliki drainase yang baik.

8. Kosmos (Cosmos bipinnatus)

Bunga kosmos tampak elegan seperti bunga krep pada batang yang panjang dan ramping tidak seperti yang lain.

Sementara benih bermula dengan sangat cepat, tanaman mekar dalam kondisi terbaiknya di musim panas, jadi kesabaran adalah kuncinya.

Bunga ini mudah dirawat, namun pastikan untuk melindunginya dari angin kencang.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/09/115500176/8-bunga-cantik-yang-cepat-mekar-cocok-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke